Diterbitkan 22 Apr 2024

Selamat Hari Bumi: Mengenal Sejarah Pembentukan Hari Bumi

Agri Edu
Hari Bumi

Siapa yang sangat peduli akan lingkungan sekitar? Kamu bisa mencobanya pada pelaksanaan hari bumi internasional lho! Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April adalah momen terbesar tahunan untuk meningkatkan kesadaran pada planet bumi sekaligus peran serta setiap manusia dalam melestarikannya.

Pelaksanaan hari bumi pada tahun ini bertema Planet vs Plastik, yang menyerukan kepada para pemimpin pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat umum untuk menghapus sepenuhnya penggunaan plastik sekali pakai pada tahun 2030 dan mengurangi total produksi plastik sebesar 60% pada tahun 2040.

Dalam kehidupan sehari-hari plastik sangat bermanfaat dan telah menjadi bagian dari kehidupan umat manusia. Namun di lain sisi, penggunaan produk plastik sekali pakai telah menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat yang cinta terhadap lingkungan perlu merayakan dengan benar. Simak cara merayakan hari bumi rekomendasi Gokomodo, yuk!

Berikut cara memperingati hari bumi 2024

1. Menghindari penggunaan plastik sekali pakai.

Sahabat Fimela bisa dimulai dengan membawa tas belanja kain sendiri ketika berbelanja dan menggunakan botol minum yang dapat diisi ulang daripada botol plastik sekali pakai. 

2. Bergabung dalam kampanye The Great Global Cleanup ataupun dengan komunitas lainnya

Cara merupakan langkah efektif untuk berkontribusi dalam membersihkan lingkungan dari sampah-sampah plastik yang mencemari alam.

3. Menandatangani petisi dan mengurangi konsumsi plastik

Melakukan hal ini, Sahabat Fimela dapat menjadi bagian dari gerakan global yang mendesak pemerintah dan industri untuk bertindak dalam mengurangi pencemaran plastik. 

4. Menolak fast fashion 

Sebagian besar pakaian fast fashion terbuat dari bahan sintetis berbasis plastik, yang berkontribusi pada masalah pencemaran plastik. Memilih untuk membeli pakaian berkualitas yang tahan lama dan diproduksi secara berkelanjutan, dapat membantu mengurangi jejak plastik kita di bumi.

Mudah bukan? karena banyak hal yang kita bisa lakukan dalam menjaga umur bumi kita yang sudah tua ini. Yuk, segera sebarkan informasi ke teman, keluarga, dan lainnya. Kamu bisa juga membaca – Inilah Jenis Hama Ulat Api yang Sering DItemui di Indonesia untuk menambah wawasan diri kamu!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin