Diterbitkan 11 Mar 2024

Sering Bahas Unsur Hara, Tapi Belum Tahu Unsur Hara Itu Apa? Yuk, Simak Penjelasan Berikut Ini!

Agri Edu
Unsur hara

Unsur hara merupakan suatu unsur kimia tertentu yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Sejauh ini, ada 16 jenis hara baik hara makro maupun mikro yang diperlukan oleh tanaman. Unsur hara makro sudah banyak dibahas dalam pembahasan pupuk, namun untuk pembahasan hara mikro dapat dibaca pada artikel Jarang Dibahas, Inilah Pengertian dan Jenis Unsur Hara Mikro yang Dibutuhkan Tanaman. Kegunaan unsur hara untuk tanaman antara lain:

  • Menyusun struktur sel
  • Berperan dalam tekanan osmotik dan tegangan dalam sel ketika dipenuhi oleh air.
  • Membantu reaksi transfer energi.
  • Menjadi katalisator reaksi pada tanaman.
  • Mengatur reproduksi tanaman.

Ketersediaan hara dalam tanah harus tepat, tidak boleh kekurangan maupun kelebihan jumlahnya. Jika jumlah unsur hara tidak sesuai, maka tanaman juga ikut terdampak. Nah, sebelum akibatnya fatal, ada baiknya mengetahui gejala tanaman yang kekurangan maupun kelebihan hara.

Dampak Kekurangan Unsur Hara Makro

Unsur hara makro dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak. Jika jumlahnya kurang, tentu akan sangat terlihat. Kekurangan hara makro dapat menimbulkan gejala berupa

Ciri Tanaman Kekurangan Nitrogen

Tanaman yang kekurangan nitrogen nampak tumbuh lebih lambat, bahkan menyebabkan tanaman menjadi kurus dan kerdil. Gejala lainnya yang dapat diamati yaitu daunnya berubah menjadi hijau kekuningan, kecil, dan tegak. Jangan salah, daunnya cepat layu ketika sudah tua. Yang paling merugikan yaitu buah yang dihasilkan kecil, cepat masak, dan sangat mudah berguguran. 

Ciri Tanaman Kekurangan Fosfor

Sumber: Trifecta Natural 

Fosfor penting sekali untuk pertumbuhan generatif tanaman. Kekurangan fosfor mengakibatkan perubahan warna daun dan buah yang tidak tumbuh dengan baik. Tanaman yang kekurnagan fosfor memiliki daun berwarna lebih tua dan mengkilap serta pucuk daun tumbuh berwarna merah keunguan yang tumbuh menjadi kuning dan layu.

Ciri Tanaman Kekurangan Kalium

Tanaman yang kekurangan kalium akan muncul bercak merah kecoklatan pada daun yang menyebabkan daun mengering kemudain mati. Selain gejala yang terlihat pada daun, kekurangan kalium juga mempengaruhi pertumbuhan buah yang tidak maksimal serta kualitas yang buruk.

Dampak Kelebihan Unsur Hara Makro

Tidak adil rasanya jika hanya mengetahui kekurangan unsur hara makro pada tanaman tanpa mengetahui kelebihannya. Jangan khawatir, Gokomodo berikan ciri tanaman yang kelebihan unsur hara makro, ya. 

Ciri Tanaman Kelebihan Nitrogen

Nitrogen yang berlebihan pada tanaman akan mengakibatkan tanaman terlalu subur. Dilain sisi, tanaman yang kelebihan nitrogen tidak memiliki struktur yang kuat, produksi bunga dan buah terganggu, hingga menyebabkan rentan terkena OPT dan penyakit tanaman.

Ciri Tanaman Kelebihan Fosfor

Sumber: THCFarmer

Fosfor mampu mengikat unsur mikro seperti besi, tembaga, dan seng yang mengakibatkan tanaman tidak mendapatkan unsur mikro tersebut. Akibarnya proses persebaran makanan dan perbaikan nutrisi pada tanaman terhambat dan menyebabkan tanaman mudah terkena penyakit serta gangguan pertumbuhan lainnya. 

Ciri Tanaman Kelebihan Kalium

Kalium yang berlebihan dapat menghambat penyerapan kalsium dan mangan. Gejala kelebihan kalium yang terlihat yaitu sekitar tulang daun menguning, daun berubah warna menjadi lebih gelap dan rimbun, perkembangan generatif lebih lama, serta tanaman banyak menyimpan air sehingga mudah roboh.

Sudah saatnya memberikan pupuk yang berimbang agar nutrisi yang diberikan pada tanaman sesuai dengan kebutuhan. Lebih amannya lagi, gunakan pupuk organik yang sudah pasti ramah lingkungan. Temukan artikel tentang pemupukan berimbang serta manfaat unsur hara pada tanaman hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin