Diterbitkan 9 Jul 2024

Tabulampot Jadi Tren Budidaya Tanaman di Rumah, Ini Tanaman yang Bisa Kamu Pilih

Agri Edu
Tabulampot

Kesadaran akan pentingnya menanam tanaman di sekitar rumah memang perlu segera direalisasikan agar bisa segera dirasakan juga manfaatnya. Mulai dari hawa yang sejuk, estetika tanaman, hingga buah yang bisa dinikmati. Apalagi kini hobi menanam tidak lagi memerlukan lahan tanah yang luas karena kamu bisa menggunakan sistem tabulampot.

Metode budidaya tanaman yang dilakukan tabulampot memang tengah populer terutama di daerah kota dengan lahan terbuka yang terbatas. Namun, tidak semua jenis tanaman dapat ditanam di dalam pot, simak ulasan berikut untuk mengetahui tanaman apa saja yang bisa kamu pilih.

Sumber: Goodhouskeeping.com

Daftar Tanaman untuk Tabulampot

1. Persik

Sebagian orang mungkin tidak begitu memikirkan jika buah persik bisa menjadi ide tabulampot. Di antara beberapa jenis persik, kamu bisa memilih varietas persik teras yang cocok ditanam di dalam pot. Pastikan untuk melakukan penyiraman secara berkala terutama jika cuaca sedang panas dan kompos terasa kering agar tanaman tumbuh dengan baik.

2. Apel

Bisa dibilang apel menjadi buah yang paling disukai sepanjang tahun karena sarat gizi dan mengenyangkan. Jika kamu berminat menanam apel di dalam pot, disarankan untuk memilih varietas pohon apel hasil cangkok agar buahnya lebih berkualitas – 5 Manfaat Apel untuk Kesehatan Beserta Kandungannya

3. Ceri

Jika kamu mencari tanaman buah yang cocok ditanam dalam pot tanpa perawatan harian, ceri bisa menjadi pilihan. Pasalnya, pohon ceri hanya perlu disiram seminggu sekali tanpa perlu perawatan berarti. Namun, jika cuaca terlalu panas, usahakan untuk memotong tiap cabangnya beberapa inci.

4. Nanas

Menanam nanas dalam pot memiliki dua manfaat, yakni dapat menikmati buahnya dan menarik secara estetika berkat daunnya yang unik. Apalagi menanam nanas tidak memerlukan perlakuan khusus selain perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup. Meski tidak membutuhkan banyak air, penyiraman perlu dilakukan secara berkala terutama saat cuaca sangat panas.

5. Jeruk

Jika kamu ingin mengikuti tren tabulampot tapi tetap mengharapkan hasil yang dapat dinikmati buahnya, menanam jeruk bisa menjadi pilihan terbaik. Berbagai jenis jeruk yang bisa kamu pilih diantaranya adalah jeruk siam, keprok, limau, nipis, dan lemon dengan kisaran tinggi tanaman sekitar 60 cm.

6. Stroberi

Tanaman buah lain yang tak kalah populer adalah stroberi karena dapat berbuah sepanjang tahun. Apalagi stroberi dapat ditanam dari benih yang diperoleh dengan cara generatif maupun vegetatif sehingga sangat mudah untuk mulai menanamnya. Saat berusia 2 bulan, tanaman akan mulai berbunga dan akan siap dipanen ketika berumur sekitar 4 bulan.

7. Tomat

Meski sekilas mirip, ternyata tomat yang selama ini kamu temui terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari tomat sayur, tomat buah, tomat cherry, dan lain sebagainya. Untuk menanam tomat dalam pot juga mudah, yakni dengan menanam biji dalam media tanam yang terbuat dari kombinasi tanah, arang sekam, dan kompos. Masa panen tomat pun sangat singkat, yakni sekitar 100 hari setelah ditanam.

Daftar tanaman di atas tentunya sangat menarik untuk dipilih menjadi tabulampot. Ukuran pohon yang relatif kecil hingga sedang dengan hasil buah yang beragam sangat tepat untuk membuat halaman rumah yang sempit menjadi lebih berguna. Dapatkan informasi menarik seputar pertanian lainnya hanya di website Gokomodo

whatsapp
twitter
facebook
linkedin