Diterbitkan 26 Aug 2024

Tak Hanya Terong Ungu, Ternyata Masih Ada Aneka Jenis Sayuran Terong Lainnya

Agri Edu
Sayuran Terong

Buah terong menjadi salah satu olahan pangan populer dan dapat dinikmati dalam berbagai cara. Umumnya jenis terong yang sering kita konsumsi adalah terong ungu, bahkan warna ungu pada terong sudah menjadi khas tersendiri.

Namun, tahukah kamu bahwa ada jenis terong lainnya selain terong ungu? Banyak jenis sayuran terong lainnya yang tak kalah lezat dan bergizi. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui aneka jenis terong lain yang dapat menjadi peluang bisnis maupun menu baru untuk keluarga – Tertarik Punya Tanaman Sendiri? Coba Cek Cara Menanam Terong Di Artikel Ini!

Sayuran Terong Belanda 

Meski dikenal dengan nama terong Belanda, jenis terong yang satu bukan berasal dari negeri kincir angin loh, melainkan dari Amazon. Daging buahnya yang kaya akan sari membuat terong Belanda lazim digunakan untuk isian minuman, tidak menjadi lauk atau sayur pendamping. Bentuknya sangat khas, yaitu oval sebesar telur dengan warna yang mengkilap.

Sayuran Terong Telunjuk 

Seperti namanya, terong telunjuk berbentuk mirip jari telunjuk dengan diameter dua sampai tiga sentimeter. Perawakannya yang ramping ini membuat terong telunjuk memiliki daging buah yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan terong ungu. Oleh karena itu, saat mengolah terong telunjuk,  diperlukan jumlah yang cukup banyak agar memenuhi porsi makanan.

Sayuran Terong Gelatik

Untuk mengenali terong gelatik sangat mudah karena terdapat garis putih pada ujung buahnya, baik yang berwarna ungu maupun hijau. Bentuknya bulat kecil seperti bola pingpong sehingga sangat mudah untuk diolah. Selain itu, jenis terong ini juga menawarkan rasa segar di setiap gigitan sehingga membuatnya menjadi pilihan favorit untuk lalapan.

Sayuran Terong Kania

Terong Kania dikenal pula sebagai terong putih karena warnanya, dengan bentuk bulat lonjong atau bulat telur. Rasanya yang manis membuat terong ini sangat lezat jika dipadukan dengan sayur yang gurih maupun dengan sambal. Meski bagian luarnya berwarna putih, terong jenis ini memiliki biji yang berwarna kecoklatan dan sedikit berlendir di dalamnya.

Sayuran Terong Jepang

Diantara berbagai jenis terong yang ada di Indonesia, bisa dikatakan terong Jepang merupakan terong dengan hasil panen paling sedikit, buah berbentuk bulat panjang. Pasalnya, satu pohon terong hanya menghasilkan 1-2 kilogram saja setiap masa panen. Meski demikian, terong jepang dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga kecil dan cocok ditanam di halaman.

Sayuran Terong Pipit

Bagi masyarakat Sumatera Barat, istilah terong pipit lebih populer disebut sebagai rimbang. Terong berbentuk bulat kecil dengan diameter satu sentimeter ini berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah warna menjadi kuning ketika matang. Bentuk olahan terong pipit cukup umum karena mirip dengan jenis terong lainnya.

Sayuran Terong Kopek

Terong kopek memiliki kulit yang cukup tipis sehingga sangat mudah dikupas. Ada dua jenis terong kopek, salah satunya berwarna hijau dengan bentuk bulat panjang dan ujungnya tumpul. Bagian unik yang membuat terong ini mudah dikenali adalah ujung tangkainya yang mirip dengan mahkota.

Itulah aneka jenis terong yang dapat menjadi alternatif makanan dan peluang bisnis yang baru selain terong ungu. Lebih lanjut, pemilihan jenis terong juga perlu diimbangi dengan perawatan yang tepat, termasuk pemberian pupuk yang sesuai. Jika kamu membutuhkan pupuk kualitas terbaik untuk membantu pertumbuhan tanaman terong, kami bisa membantu!

Segera kunjungi cabang GokoMart terdekat dari kotamu dan dapatkan berbagai produk pertanian berkualitas dengan harga yang pas di kantong. Selain itu, GokoMart juga menyediakan berbagai macam promo menarik di setiap pembelian produk. Tunggu apalagi? Segera kunjungi GokoMart, toko tani modern serba ada dan paling oke di Indonesia, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin