Diterbitkan 16 Sep 2024

Tanamanmu Kekurangan Nutrisi? Yuk, Bantu Cukupi Nutrisinya dengan Pupuk Tanaman Berikut Ini!

Agri Edu
Pupuk Tanaman

Ketersediaan pupuk tanaman sangat berpengaruh pada produktivitas dan kesuburan tanaman. Pupuk tanaman mengandung unsur hara seimbang yang melancarkan proses fotosintesis, pertumbuhan dan perkembangan tanaman, serta pembentukan bunga dan buah. Pemberian pupuk juga merawat tanah yang mulai kehilangan unsur hara yang dibutuhkan oleh pohon. Karena unsur hara dalam tanah jumlahnya terbatas, sebaiknya kamu perlu mengetahui ciri tanaman yang mulai kekurangan unsur hara dan harus segera diberi pupuk

Kapan Pupuk Tanaman Diperlukan?

Manusia yang kekurangan nutrisi pasti akan menunjukkan perubahan, misalnya saja rambut rontok, berat badan berkurang, mudah terserang penyakit, dan masih banyak lagi tanda lainnya. Hal  yang sama jua terjadi pada tanaman, lho. Perubahan tanaman yang kekurangan nutrisi pasti terlihat secara perlahan. Tanda pohon kamu memerlukan pupuk antara lain:

  • Perubahan warna daun dan berujung kerontokan

Perubahan warna daun perlu diwaspadai pada daun muda. Biasanya perubahan warna yang terlihat yaitu daun yang menguning. Dari daun yang menguning akan timbul beberapa masalah lainnya seperti tanaman kerdil dan terhambatnya pertumbuhan tanaman baik itu pertumbuhan vegetatif maupun generatif. 

  • Daun lebih kecil

Daun memiliki peranan penting untuk proses fotosintesis. Jika daun tanaman mengecil, produksi makanan pada daun juga akan berkurang. Selain itu, daun yang tumbuh kecil berwarna kelabu dengan tepian daun bercak coklat.

  • Muncul bercak

Bercak pada daun menandakan ada masalah yang serius dari tanaman tersebut. Bercak pada daun ada banyak warna, mulai dari kuning, coklat, abu-abu, hingga hitam. 

Tanda Tanaman Kelebihan Pupuk

Selain mengalami kekurangan pupuk, bisa juga sangat mungkin kelebihan pupuk. Perlu diingat, kelebihan pupuk juga tidak baik untuk tanaman. Inilah hal yang terjadi apabila tanaman kelebihan pupuk:

  • Daun berubah warna

Tanaman yang cukup nutrisinya akan memiliki daun berwarna hijau coklat. Jika memang tanaman tersebut kelebihan penggunaan, maka akan terlihat perubahan warna menjadi kuningi, coklat, dan kecoklatan. Perubahan ini terjadi karena garam dalam tanah berkumpul dalam jumlah yang berlebihan, sehingga mengganggu proses fotosintesis.

  • Perubahan pada ujung dan tepi daun

Tak hanya berubah warna, daun yang kelebihan pupuk akan terlihat seperti terbakar pada tepi dan ujungnya.

  • Pertumbuhan terhambat

Apakah kamu salah satu orang yang bera beranggapan kalau tanaman yang kelebihan nutrisi, tumbuh dengan baik? Padahal, bisa saja tanaman yang diberi terlalu banyak nutrisi mengalami hambatan pada pertumbuhannya.

  • Daun layu dan rontok

Pupuk dalam jumlah banyak akan menyebabkan akar menjadi rusak. Lalu, dari tanaman yang rusak, menyebabkan kerusakan seluruh perkembangan tanaman. Akibatnya daun bisa layu dan rontok.

Selain berdampak pada tanaman, kelebihan pupuk dapat meningkatkan kadar garam pada tanah sehingga menyebabkan kerusakan struktur tanah. Kelebihan pupuk juga merusak ekosistem perkebunan, lho.

Sekarang kamu sudah tahu kan ciri-ciri tanaman yang memerlukan pupuk tanaman? Langkah selanjutnya, kamu bisa mulai memberikan pupuk sesuai dengan gejalanya. Gejala kekurangan satu nutrisi dengan nutrisi lainnya mungkin sama. Agar kamu tidak kebingungan, Gokomodo berikan rekomendasi pemberian pupuk yang diperlukan.

Pupuk NPK

Siapa yang tidak kenal pupuk NPK? Pupuk NPK dikenal dengan kandungan unsur hara makro esensial seperti nitrogen, fosfat, dan kalium yang penting untuk pertumbuhan tanaman. Jarang sekali para petani melewatkan pupuk NPK karena biasanya pupuk NPK diberikan di awal sebelum proses tanam dimulai. Namun, jika tanamanmu menunjukkan gejala daun tua menguning meskipun tulang daun masih hijau, bunga dan buah tidak berkembang dengan baik, pertumbuhan akar tidak sehat, serta mudah terserang penyakit, tidak ada salahnya untuk memberikan pupuk NPK sesuai dengan  dosis anjurannya.

Pupuk Fosfat

Ada banyak jenis pupuk fosfat yang bisa kamu temui di toko pertanian. Pupuk fosfat biasanya diberikan apabila ada gejala saat pertumbuhan generatif dimulai. Tanaman yang memerlukan pupuk fosfat akan ditemukan daun tua berubah warna menjadi kuning atau merah, bunga dan buah tidak berkembang dengan baik, daun mengecil dan mengkerut, serta lebih rentan terkena penyakit yang menyerang daun dan buah. Kandungan fosfat pada masing-masing pupuk fosfat tentu berbeda, ya. Coba deh baca artikel Pupuk Fosfat: Macam dan Jenisnya.

Pupuk Nitrogen

Selain pupuk NPK, unsur nitrogen dalam kadar tinggi juga ada pada pupuk nitrogen atau dikenal sebagai pupuk urea. Penggunaan pupuk nitrogen bisa dibilang wajib untuk semua tanaman. Meskipun sudah diberikan nitrogen, tanaman masih bisa menunjukkan gejala kekurangan nitrogen apabila pemberiannya tidak adekuat. Tanamanmu memerlukan nitrogen ketika tanaman tumbuh kurus dan lemah, daun terlihat pucat, serta pertumbuhan tanaman lambat dan tidak sesuai dengan usia tanamnya. 

Pupuk Kalium

Pupuk kalium berperan penting dalam pengaturan kelembapan tanaman, metabolisme karbohidrat, serta mengatur daya tahan tanaman terhadap penyakit. Tanaman yang membutuhkan pupuk kalium apabila daun mengunging di bagian ujung dan tepinya, ada bercak coklat pada daun, kualitas buah dan bunga menurun, rentan terkena penyakit dan hama, serta struktur tanaman yang lemah. 

Pupuk tanaman diatas dapat kamu beli di GokoMart terdekat, lho. Tentu saja GokoMart menyediakan pupuk berbagai merek dengan kualitas terbaik dan pastinya banyak promo menarik setiap pembeliannya. Jangan lupa baca artikel tentang pupuk tanaman di blog Gokomodo juga, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin