Diterbitkan 9 Jan 2024

Terlihat Mudah, Tetap Waspadai Hama Pohon Mangga Berikut Ini!

Agri Edu
hama pohon mangga

Mangga lebih banyak dibudidayakan di negara tropis karena perwatannya yang mudah. Mangga yang tumbuh di pekarangan rumah pun hanya memerlukan sedikit bahkan tanpa pupuk dan tidak memerlukan air yang banyak. Bukan berarti tanaman mangga setangguh itu, ya. Yang dinamakan tanaman pasti juga mengalami serangan entah hama maupun penyakit. Berikut ini Gokomodo rangkum beberapa hama yang biasanya menyerang tanaman mangga.

Ulat Penggerek Pucuk Mangga

Sepertinya memang ulat menjadi musuh utama untuk semua tanaman, ya? Tidak terkecuali untuk tanaman mangga. Ulat penggerek pucuk mangga merupakan hama yang menyerang tanaman mangga saat usianya masih muda. Dinamakan ulat penggerek karena ulat tersebut mampu menggerek batang dari pucuk hingga mencapai akar. Tentu saja serangan ulat ini memperlambat laju transportasi unsur hara hingga berujung kematian tanaman mangga.

Thrips

Thrips (Scirtothrips dorsalis) merupakan hama thrips yang memilki garis. Hama thrips memiliki garis merah yang jelas terlihat pada bagian perutnya. Thrips biasanya menyerang daun muda dan merusak bunga tanaman mangga. Thrips merusak tanaman dengan cara menusuk dan menghisap cairan dari epidermis baik dari daun maupun buah. Bekas tusukan inilah yang menyebabkan penyakit pada tanaman mangga. Akibat yang ditimbulkan yaitu daun terlihat seperti terbakar dan berwarna kecoklatan. Yuk, pelajari tentang hama thrips dengan membaca Serangan Masif Hama Thrips Sedang Terjadi, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Ulat Seed Borer

Sumber: Plantwise Knowledge

Wah, ketemu lagi dengan hama ulat. Kali ini jenis ulat yang menyerang  tanaman mangga disebut dengan seed borer. Ulat ini fokus menyerang buah mangga, mulai dari buah yang masih muda hingga buah yang siap matang. Serangan ulat seed borer terlihat adanya kotoran bekas gerekan yang dimulai dari bagian ujung atau tengah buah. Jika dibiarkan, ulat seed borer menyebabkan buah mangga terbelah dan cepat membusuk.

Kepik Mangga

Cara menyerang tanaman mangga oleh kepik mangga dan ulat seed borer bisa dikatakan hampir mirip. Perbedaannya terletak pada buah mangga yang sudah terserang oleh kepik mangga, maka tidak bisa dikonsumsi oleh manusia karena daging buah yang sudah membusuk. Lalu bagaimana cara mengetahui buah mangga yang sudah terkena kepik mangga? Gampang, apabila ditemukan bintik hitam pada buah maka sudah dapat dipastikan buah mangga sudah terkena kepik mangga. 

Bubuk Buah Mangga

Eits, jangan terkecoh dengan namanya, ya. Nama tersebut bukanlah bubuk penangkal hama buah mangga, tetapi nama hama yang menyerang buah mangga. Dari seluruh daur hidup bubuk buah mangga (Cryptorhynchus), pada fase larva lah yang menyebabkan kerusakan buah mangga. Larva yang baru saja menetas dari telurnya berpindah dan berkembang di dalam buah mangga serta memakan seratnya. Tidak berhenti pada daging buah saja, bubuk buah mangga juga memakan biji mangga hingga menyebabkan gagal buah. Jika sudah memasuki usia dewasa, bubuk buah memakan tunas dan daun muda sehingga tanaman mangga cepat rusak. Tanda buah mangga yang terkena hama ini yaitu kulit dan daging biji yang berlubang dan berwarna hitam.

Nah, itulah beberapa hama yang sering ditemui pada tanaman mangga. Kebanyakan hama menyerang saat tanaman mangga sedang dibiakkan pada usia muda. Semakin cepat serangan hama ditemukan, semakin cepat pula pengendaliannya. Lakukan pengendalian hama terpadu tanpa merusak lingkungan, ya. Cari kebutuhan perawatan tanaman hanya di GokoBiz atau Mitra Gokomodo terdekat. Pastikan untuk membaca artikel di blog Gokomodo untuk bekal merawat tanaman, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin