Diterbitkan 2 Mar 2023

Ternyata Ada Banyak Manfaat Mengonsumsi Kopi bagi Tubuh, Loh!

Lifestyle
manfaat kopi

Mengkonsumsi kopi setiap hari sudah menjadi kebutuhan sekaligus gaya hidup. Tak heran penggemar kopi saat ini semakin banyak hingga merambah di kalangan remaja dan dewasa muda. Rata-rata orang dapat mengonsumsi satu hingga dua gelas kopi setiap harinya. Banyak jenis kopi yang dapat kamu konsumsi: Ini Dia 5 Primadona Kopi Indonesia yang Unik dan Mendunia

Kandungan zat pada kopi dapat berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Umumnya, kopi mengandung kafein yang berfungsi untuk menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan kerja tubuh, dan menghasilkan energi. Selain kafein, kopi juga mengandung antioksidan, magnesium, protein, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Dari zat-zat tersebut tentunya menghasilkan beberapa kebaikan bagi tubuh, berikut ini manfaat dari kopi bagi tubuh.

Menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung

Menurut Harvard School of Public Health, kopi dapat membantu menurunkan resiko stroke sebanyak 20% apabila diminum minimal 4 cangkir setiap harinya. Dosis harian kopi yaitu 400-600 mg atau 6 mg/kg berat badan. Menurut penelitian jurnal Current Cardiology Reports menunjukkan bahwa meminum kopi dalam dosis sedang tidak memiliki pengaruh negatif untuk kesehatan jantung. 

Membantu mengontrol berat badan

Menurut European Journal of Clinical Nutrition, orang yang ingin mempertahankan berat badan cenderung lebih banyak mengkonsumsi kopi. Fakta ini juga didukung dari jumlah kalori dalam secangkir kopi yang hanya 129 Kalori saja. Selain mempertahankan berat badan, kandungan kalori dalam kopi cocok untuk menurunkan berat badan.

Mengurangi resiko diabetes

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi berkafein maupun tanpa kafein dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2. Namun, untuk kamu yang sudah memiliki penyakit gula, sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi dan atur pengunaan gula tambahan. 

Menurunkan resiko penyakit parkinson

Penyakit parkinson merupakan gangguan sistem saraf yang mengganggu kemampuan tubuh untuk mengendalikan gerakan dan keseimbangan. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein dapat menurunkan resiko penyakit parkinson dan membantu penderita parkinson untuk mengontrol gerakan menjadi lebih baik.

Memperkecil resiko adanya kanker

American Cancer Society menunjukkan kandungan antioksidan pada kopi dapat menurunkan resiko kanker prostat, kanker hati, kanker mulut, kanker endometrium, dan kanker tenggorokan. Cara kerja kafein untuk menurunkan resiko kanker yaitu dengan ‘mengganggu’ perkembangan kanker mulai dari permulaan hingga matinya sel kanker tesebut. 

Ternyata, banyak juga manfaat tersembunyi kopi selain untuk menghilangkan kantuk. Agar manfaat kopi dapat dirasakan oleh tubuh, sebaiknya kopi dikonsumsi sesuai dengan anjuran dosis hariannya. Jangan lupa untuk kunjungi website Gokomodo untuk artikel menarik lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.