Diterbitkan 6 May 2024

Ternyata Mudah Dapatkan Panen Melimpah. Yuk Ketaui Pupuk Kopi Agar Berbuah Lebat

Agri Edu
Pupuk Kopi Agar Berbuah Lebat

Proses pemupukan tanaman merupakan hal wajib yang harus dilakukan dalam kegiatan budidaya. Pada budidaya tanaman kopi, pemupukan menjadi salah satu faktor utama yang dapat membantu meningkatkan produktivitas buah agar panen semakin melimpah. Tidak hanya pemupukan tapi kamu perlu menggunakan bibit kopi yang baik baca selengkapnya – Perawatan Bibit Kopi menjadi Tanaman Yang Sehat.

Pemberian pupuk secara umum dilakukan pada awal dan akhir musim hujan. Awal musim hujan pada bulan Oktober – November dan di akhir musim hujan bulan April – Mei dengan 1/2 dosis. Hal ini dilakukan karena pemberian pupuk di waktu musim hujan akan membuat pupuk tercuci oleh aliran air. Sehingga keberhasilan tanaman kopi menyerap unsur hara menjadi berkurang.

Pupuk Kopi Agar Berbuah Lebat

Membahas mengenai pupuk kopi yang dapat membuat tanaman menghasilkan buah yang lebat, sebaiknya kamu mengenali kebutuhan unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman ini terlebih dahulu. Dalam hal ini, tanaman kopi membutuhkan unsur hara makro dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan unsur hara mikro. 

Sumber: iStock

Unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman kopi, antara lain Nitrogen, Fosfor, Kalium, Magnesium, dan Kalsium. Kebutuhan akan unsur hara ini juga cukup beragam, dimana kopi membutuhkan unsur hara Nitrogen sebanyak 53–172 kg, Fosfor sebanyak 10–36 kg, Kalium sebanyak 80–180 kg, Magnesium sebanyak 16–25 kg, dan Kalsium sebanyak 28–90 kg.

Selain hara makro, tanaman kopi juga membutuhkan unsur hara mikro. Unsur hara mikro yang dimaksud, antara lain Boron, Besi, Tembaga, Seng, Mangan, Air, Oksigen, dan lainnya. Meskipun jumlah yang dibutuhkan tidak sebanyak unsur hara makro, namun kekurangan unsur hara mikro ini akan menghambat pertumbuhan tanaman. 

Kebutuhan akan unsur hara ini dapat dipenuhi dengan pemberian pupuk yang tepat. Jika kebutuhan hara terpenuhi, maka tanaman juga akan tumbuh dengan subur dan tentu saja menghasilkan buah yang lebat.  

Tips Pemupukan Tanaman Kopi 

Berikut adalah tips pemberian pupuk pada tanaman kopi.

  • Tahun pertama: Pupuk urea 25 gram, SP-36 25 gram, dan KCI 20 gram per tanaman dengan siklus dua kali setahun.
  • Tahun kedua: Pupuk urea 150 gram, SP-36 50 gram, dan KCI 40 gram per tanaman dengan siklus dua kali setahun.
  • Tahun ketiga: Pupuk urea 75 gram, SP-36 70 gram, dan KCI 40 gram per tanaman dengan siklus dua kali per tahun.
  • Tahun keempat: Pupuk urea 100 gram, SP-36 90 gram, dan KCI 40 gram per tanaman dengan siklus dua kali per tahun.
  • Tahun kelima hingga kesepuluh: Pupuk urea 150 gram, SP-36 10 gram, dan KCI 60 gram per tanaman dengan siklus dua kali per tahun.
  • Tahun kesepuluh dan seterusnya: Pupuk urea 200 gram, SP-36 175 gram, dan KCI 80 gram per tanaman dengan siklus dua kali per tahun.

Itu dia ulasan mengenai pemupukan pada tanaman kopi agar menghasilkan buah yang lebat. Dapatkan berbagai merk pupuk berkualitas terbaik dengan harga yang bersaing hanya di GokoMart. Bagi kamu warga Kalimantan Barat, segera kunjungi GokoMart Bodok di Jl. Merdeka, Pusat Damai, Kec. Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin