Diterbitkan 10 Jul 2024

Ternyata Tidak Sulit Loh! Inilah Cara Menanam Tomat Yang Benar

Tips / Tutorial
Cara menanam tomat

Menikmati hasil panen dari usaha sendiri merupakan sebuah kepuasan apalagi jika bisa dirasakan bersama keluarga. Salah satu tanaman yang bisa menjadi pilihan untuk ditanam dengan mudah meski hanya di pekarangan rumah adalah tomat – Banyak Peminatnya! Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Selain rasanya yang enak, tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan mata, dan lainnya. Cara menanam tomat hingga berbuah lebat sebenarnya sangat mudah, simak petunjuk lengkapnya berikut.

Tips Menanam Tomat dengan Baik

1. Tentukan Lokasi Tanam

Sebelum mulai melakukan pembibitan, tahap pertama yang harus dilakukan adalah penentuan lokasi karena akan berhubungan dengan adaptasi tanaman. Jika mengharapkan tanaman tomat berbuah lebat, pastikan agar tanaman selalu mendapat cahaya matahari yang optimal. 

Cahaya matahari memiliki peran penting untuk melancarkan proses fotosintesis dan pembentukan buah. Selain itu, lokasi dengan sirkulasi angin yang baik juga membantu batang tanaman tomat menjadi tumbuh lebih kuat. Namun jika dirasa sulit menemukan tempat yang cukup angin, kamu bisa sesekali menggoyangkan batang tomat secara manual.

2. Perkirakan Jarak yang Tepat Antar Bibit

Jika kamu mulai menanam tomat dari biji, letakkan sekitar 3 sampai 5 benih dan jangan memendamnya terlalu dalam. Selanjutnya ketika tanaman mulai tumbuh, segera pilih bibit yang paling baik dan pindahkan dengan jarak yang sesuai. Lakukan tahap ini dengan hati-hati agar akar tanaman tidak terpotong sehingga proses pindah tanam berjalan lancar.

3. Lakukan Penyiraman Berkala

Sama seperti tanaman lain, tomat juga membutuhkan air agar ujung bunga tomat tidak mengalami pembusukan akibat kekurangan kalsium. Penyiraman air secara berkala membuat tanaman bisa menyerap unsur hara dengan lebih maksimal. Dengan demikian, tanaman tomat akan lebih maksimal dalam menghasilkan gula sehingga rasanya lebih enak.

4. Berikan Penutup Tanah atau Mulsa

Mulsa atau penutup tanah tidak hanya digunakan untuk menjaga dari pertumbuhan gulma tetapi juga agar suhu area tanah di sekitar tanaman tetap terjaga. Jika ingin menanam dalam pot, maka mulsa dapat diganti menggunakan jerami atau sekam mentah.

5. Potong Bagian Bawah Daun

Memotong bagian bawah daun diyakini mampu membuat tanaman tomat menghasilkan buah lebih lebat. Tapi sebenarnya, ada maksud lain yaitu agar menghindarkan tanaman dari serangan parasit maupun patogen. Pasalnya, daun tua yang dekat dengan tanah rentan terkena masalah jamur sehingga perlu dipotong sebelum timbul jamur atau parasit lain.

6. Tambahkan Pupuk Bila Perlu

Sebenarnya tomat memiliki pertumbuhan yang baik tanpa perlu pemberian pupuk khusus. Tapi jika kamu ingin lebih mengoptimalkan pertumbuhannya, maka pemberian pupuk dapat dilakukan seperti pupuk NPK, TSP, atau SP36. Kemudian ketika tampak mulai berbuah, intensitas pemberian pupuk dapat ditingkatkan agar hasilnya maksimal.

Enam cara di atas merupakan tips yang bisa kamu ikuti saat akan menanam tomat. Jika kamu tertarik menggunakan pupuk untuk menyuburkan tanah, kamu bisa mengunjungi outlet GokoMart Bodok, GokoMart Muara Telang, dan GokoMart Nanga Tayap. Dapatkan berbagai produk pupuk berkualitas dengan harga terbaik hanya di GokoMart!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin