Diterbitkan 5 Dec 2023

Tips Membuka Toko Pertanian dengan Modal Kecil

Tips / Tutorial
Toko Pertanian

Memiliki modal yang cukup sebelum membuka usaha memang penting. Namun jangan khawatir, kamu tetap memiliki peluang untuk membuka bisnis dengan modal yang minim asal tahu caranya. Salah satu bisnis yang bisa kamu pilih adalah toko pertanian yang menjual berbagai produk kebutuhan petani.

Membuka toko pertanian memang memiliki prospek yang cerah di masa sekarang hingga masa mendatang. Sebab, pertanian merupakan sektor penting yang tidak akan pernah mati hingga kapanpun. Kebutuhan manusia akan makanan tentu mendorong usaha di bidang ini terus ada dan bisa menjadi sumber mata pencaharian. Nah, jika kamu ingin membuka toko pertanian tapi hanya memiliki modal kecil, kamu bisa menyimak tips di bawah ini!

Tips Membuka Toko Pertanian Modal Kecil

Sebelum memutuskan untuk membuka toko, ada baiknya kamu membaca beberapa tips berikut ini. 

1. Lakukan Survey Awal

Hal penting yang harus kamu lakukan sebelum membuka bisnis adalah melakukan survey awal untuk menentukan calon konsumen dan jenis produk yang mereka butuhkan. Begitupun saat akan membuka toko pertanian, kamu perlu melakukan survey awal untuk mendapatkan data mengenai siapa konsumen yang kamu tuju dan apa saja produk pertanian yang selalu dibutuhkan.

Survey awal ini akan membantumu memetakan jenis produk pertanian apa saja yang paling penting untuk kamu sediakan di toko. Sebab, dalam hal ini kamu hanya memiliki modal yang kecil, sehingga jangan sampai kamu malah menyediakan produk-produk pertanian yang sebenarnya tidak dibutuhkan petani atau calon konsumen incaranmu.

2. Pilih Lokasi Strategis

Meskipun modal yang kamu miliki kecil, namun dengan pemilihan lokasi toko pertanian yang tepat, bisnismu akan lebih cepat untuk berkembang. Kamu bisa melakukan survey lokasi di sekitar tempat-tempat keramaian, seperti di dekat pasar dan di perempatan jalan yang menjadi lalu lintas utama warga.

Hindari memilih lokasi di dalam gang karena keberadaan toko pertanian milikmu akan sulit terdeteksi. Jika toko berada di pinggir jalan raya, kamu bisa saja mendapatkan tambahan pelanggan dari orang yang berlalu-lalang. Sedangkan toko yang berada di dalam gang cenderung hanya menarik pembeli dari orang-orang sekitar yang sebelumnya sudah mengetahui keberadaan toko.

3. Pahami Produk yang Dijual

Memahami produk yang dijual pastinya akan menambah rasa percaya para calon pembeli saat mampir ke toko pertanianmu. Ilmu mengenai jenis pupuk yang tepat untuk berbagai kebutuhan tanaman, maupun jenis pestisida yang paling ampuh untuk membasmi hama tentu akan menambah daya tarik toko dan mendatangkan lebih banyak pelanggan setia.

4. Pilih Supplier Terbaik

Tips terakhir jika kamu ingin membuka toko dengan modal kecil adalah memilih supplier produk pertanian terbaik. Mengapa demikian? Sebab, supplier produk pertanian merupakan kunci keuntungan yang besar. Jika kamu bisa mendapatkan supplier produk pertanian berkualitas dengan harga yang lebih murah, maka keuntungan yang bisa kamu dapatkan akan semakin bertambah.

Tak hanya soal harga, kamu juga tidak perlu ragu dengan kualitas produk yang akan kamu jual. Supplier terbaik akan menyediakan produk dengan kualitas unggul dan memberikan pelayanan yang optimal. Terlebih jika kamu bergabung menjadi mitra, pasti akan lebih banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.
Salah satu supplier produk pertanian terbaik yang bisa kamu pilih adalah Gokomodo. Kamu bisa belanja berbagai produk pertanian yang berkualitas, tentunya dengan harga yang bersaing – Toko Arsyila Tani: Buka Toko Pertanian Sebagai Upaya Tingkatkan Budidaya Pertanian Daerah. Bagaimana? Tertarik bergabung bersama kami? Klik link berikut ini, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin