Diterbitkan 20 Apr 2023

Tips Memilih Tangki Air Untuk Rumah

Teknologi
Tangki air untuk rumah

Ketersediaan air merupakan hal penting yang harus selalu ada dalam rumah. Penggunaan tangki air ialah sebagai sumber air cadangan. Hal ini agar dapat memastikan bahwa ada cadangan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan penghuni. Tangki air memiliki banyak ukuran dan kapasitas yang berbeda. Hal ini juga tidak terlepas dari bentuk dan lebar bangunan dan jumlah penghuni. Salah satu contohnya, jika ukuran tangki air sebagai tempat air terlalu kecil sedangkan penggunanya banyak, akan berdampak pada pengisian air yang lebih sering dalam seharinya.

Dalam artikel ini akan mengulas mengenai cara menentukan ukuran tangki air untuk rumah. Jadi, simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasinya!

Langkah Menentukan Tangki Air Untuk Rumah

1. Jumlah Penghuni

Jumlah penghuni dalam rumah sangat berpengaruh pada kebutuhan air yang diperlukan setiap harinya. Semakin banyak penghuni, semakin besar kebutuhan airnya. Sebagai panduan, biasanya kebutuhan air per hari untuk setiap orang adalah sekitar 200 liter. Jadi, jika ada 10 orang yang tinggal di rumah, maka kebutuhan airnya adalah sekitar 2000 liter per hari.

2. Durasi Tinggal

Lama tinggal penghuni di rumah juga perlu dipertimbangkan dalam menentukan ukuran tangki air. Jika penghuni tinggal hanya untuk beberapa hari, maka kebutuhan airnya relatif kecil dibandingkan jika mereka tinggal dalam waktu yang lama atau selamanya.

3. Keperluan Air

Perlu juga dipertimbangkan keperluan air yang akan digunakan. Apakah hanya untuk kebutuhan mandi dan cuci saja, atau juga untuk keperluan memasak dan mencuci pakaian. Semakin banyak keperluan air yang dibutuhkan, semakin besar ukuran tangki air yang dibutuhkan. Maka dari itu perlu perhitungan kebutuhan air yang dibutuhkan di rumah.

4. Hitung Kebutuhan Air dan Kapasitas Tangki Air

Memenuhi kebutuhan air tergantung pada jumlah orang yang tinggal di penginapan dan aktivitas yang dilakukan. Sebagai contoh, rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 200 liter air per hari. Jumlah ini harus ditambah dengan jumlah orang yang tinggal di rumah untuk mendapatkan kebutuhan total per hari.

Setelah menentukan kapasitas tangki air yang dibutuhkan, pilih ukuran tangki air yang sesuai. Tangki air tersedia dalam berbagai ukuran, kamu bisa pilih ukuran tangki air yang memenuhi kapasitas yang telah dihitung sebelumnya dan cukup untuk memenuhi kebutuhan air rumah.

Nah sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana cara memilih tangki air yang baik bagi rumah impian kamu. Melalui website kamu juga bisa membeli dan menjual kebutuhan berbagai perlengkapan. Jika kamu ingin menjual alat pertanian, kamu bisa baca dahulu Kenali Gokomodo, Solusi Agri Digital Masa Kini!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.