Diterbitkan 1 Apr 2024

Tips Sehat Mudik Sambil Tetap Berpuasa, Begini Caranya!

Lifestyle
tips sehat mudik

Mudik merupakan agenda tahunan yang banyak dilakukan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, orang-orang yang mudik akan melakukan perjalanan yang jauh sehingga sangat menyita waktu dan tenaga selama berpuasa.

Meski Islam memberikan keringanan untuk tidak berpuasa ketika sedang bepergian dengan jarak tempuh tertentu, namun sebagian orang tetap memilih berpuasa penuh. Nah, agar mudik bersama keluarga tetap lancar, simak tips sehat mudik berikut ini.

Tips Sehat Mudik sambil Tetap Berpuasa

Mempersiapkan kondisi tubuh yang fit sebelum mudik menjadi kunci kelancaran perjalanan. Jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin mudik namun tetap berpuasa, konsumsi beberapa makanan berikut mulai dari sekarang.

1. Ikan

Ikan menjadi salah satu makanan pilihan yang bisa kamu konsumsi sebelum melakukan perjalanan jauh. Kandungan protein, asam lemak omega 3, vitamin B2, serta berbagai mineral seperti kalsium, 

fosfor, zink, magnesium, dan kalium akan membuatmu semakin bertenaga.

Kandungan yang sangat beragam tersebut tentunya sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, sehingga akan membuat tubuh tetap sehat dan kuat. Kamu bisa mengonsumsi ikan air laut seperti sarden dan tuna, maupun ikan air tawar seperti nila.

2. Tempe

Siapa yang tak mengenal tempe? Makanan olahan dari kedelai ini memang sangat mudah ditemui dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya selama bulan puasa, tempe juga telah menjadi makanan sehari-hari yang kaya akan nutrisi.

Kandungan protein dan serat yang tinggi pada tempe tentunya sangat baik untuk dikonsumsi sebelum melakukan perjalanan jauh karena akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Makanan ini juga akan memberikan cadangan protein untuk tubuh sehingga cocok dijadikan sebagai bekal perjalanan.

Menurut Asian Pacific Journal of Clinical Nutrition, kandungan nutrisi pada tempe sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, menjaga kesehatan usus, serta membantu menjaga kesehatan tulang.  

3. Roti gandum

Jika kamu enggan mengonsumsi nasi, kamu bisa memilih roti gandum sebagai alternatif lain. Roti ini terbuat dari gandum utuh yang kaya akan serat, sehingga akan membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. 

Roti gandum juga bermanfaat untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan sehingga akan mencegah sembelit. Tak hanya itu, kandungan karbohidrat kompleks pada gandum juga tidak akan menaikkan kadar gula darah sehingga aman dikonsumsi.

5. Sayur-sayuran

Tak hanya sebelum mudik, konsumsi sayur-sayuran sebaiknya memang dilakukan setiap hari. Hal ini karena sayuran, terutama yang berwarna hijau, merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.

Kamu bisa memilih sayuran dengan kandungan vitamin dan mineral, seperti bayam, brokoli, wortel, timun, dan tomat. Konsumsi sayur-sayuran ini tentu sangat dianjurkan di hari-hari menjelang mudik agar kondisi tubuh tetap prima.

5. Jus buah

Selain sayur-sayuran, kamu juga perlu mengonsumsi buah-buahan secara rutin sebelum mudik. Agar lebih mudah dalam penyerapannya, kamu bisa mengolah buah-buahan pilihanmu menjadi jus yang siap minum.

Kamu bisa mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C dan zinc untuk meningkatkan kebugaran tubuh karena dua kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa buah yang bisa kamu pilih, antara lain jeruk, mangga, kiwi, dan alpukat – Jenis Jeruk di Indonesia dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Itulah tips sehat mudik dengan tetap berpuasa yang bisa kamu coba. Konsumsi lima jenis makanan di atas mulai dari sekarang dan ketika waktu sahur di hari keberangkatan agar kondisi tubuh tetap prima. Dapatkan tips menarik lainnya hanya di Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin