Diterbitkan 8 Nov 2023

8 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan Tubuh

Lifestyle
Manfaat beras merah

Beras merah merupakan sumber karbohidrat utama yang dinilai lebih sehat daripada beras putih. Kandungan protein, serat, beta karoten, dan zat besi yang lebih tinggi membuat beras merah memiliki manfaat yang lebih banyak dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, harga jualnya yang cukup tinggi juga berpotensi meningkatkan perekonomian petani yang membudidayakannya.

Membahas tentang manfaat beras merah tentu tak lepas dari mengetahui apa saja kandungan nutrisinya. Selain karbohidrat, ada beragam nutrisi penting lainnya, antara lain serat, protein, lemak, kalium, magnesium, natrium, zat besi, fosfor, vitamin B, mangan, kalsium, zinc, dan asam pantotenat. Lalu, apa saja manfaat beras merah yang dikonsumsi secara teratur? Berikut penjelasan selengkapnya.

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Berbagai manfaat kesehatan bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi beras merah. Simak penjelasan di bawah ini.

Sumber: IStock

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Konsumsi beras merah dapat menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena beras merah mengandung mineral kalsium dan magnesium yang mampu mendukung kesehatan tulang. Selain itu, kedua mineral tersebut juga membantu mencegah radang pada area sendi maupun pengeroposan tulang atau osteoporosis.

2. Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Kandungan indeks glikemik yang lebih rendah daripada beras putih membuat beras merah sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras merah juga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam setelah dikonsumsi, sehingga sangat cocok untuk orang-orang yang ingin menjaga kadar gula darah dalam kondisi stabil.

3. Kaya Kandungan Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Pada beras merah, kandungan antioksidan tergolong cukup tinggi karena keberadaan vitamin E, gamma-oryzanol, flavonoid, fenol, dan selenium. 

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Masih berkaitan dengan senyawa antioksidan, beras merah rupanya juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Dalam hal ini, antioksidan akan membantu mengatasi kerusakan kulit akibat sinar UV dan mengurangi risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus.

5. Menyehatkan Jantung

Adanya kandungan serat, antioksidan, dan nutrisi lainnya pada beras merah juga sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, serat dan antioksidan akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat timbulnya plak kolesterol.

Timbunan plak yang dibiarkan akan membuat pembuluh darah menyempit. Hal ini sangat berbahaya karena dapat mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh dan menyebabkan penurunan fungsi jantung. Oleh karena itu, konsumsi beras merah sangat baik untuk menyehatkan organ jantung.

6. Membantu Mengelola Berat Badan

Bagi pelaku diet, konsumsi beras merah akan membantu mengelola berat badan dengan baik. Kandungan serat yang tinggi akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga akan membantu kamu dalam mengurangi nafsu makan yang berlebihan. 

7. Mencegah Kanker

Kandungan senyawa fitokimia, serat, dan antioksidan yang tinggi pada beras merah juga akan memberikan perlindungan terhadap risiko penyakit kanker. Kandungan tersebut akan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga dapat mengurangi risiko kanker pada organ kolon (usus besar) atau rektum (bagian akhir dari usus besar).

8. Menurunkan Stres pada Ibu Menyusui

Ibu menyusui memang sangat dipengaruhi oleh hormon yang naik turun. Sebagai solusi, beras merah dapat mendukung pola makan sehat karena mengandung nutrisi yang seimbang. Kandungan nutrisi seperti yang telah dijelaskan di atas akan membantu menjaga keseimbangan hormonal serta mendukung kesehatan mental dan emosional. Dengan begitu, ibu menyusui akan lebih tenang dan terhindar dari stres berlebihan.  

Itu dia 8 manfaat beras merah pada kesehatan tubuh kita. Agar mendapatkan kondisi tubuh sehat yang ideal, kamu juga perlu mengimbanginya dengan rajin berolahraga. Baca juga Daftar Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur di website Gokomodo untuk membantu menjaga kesehatanmu!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin