Diterbitkan 27 Oct 2023

Mengenal Angkong Gokomodo Yaitu Stark

Teknologi
angkong gokomodo

Angkong merupakan alat sederhana yang berfungsi untuk memindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat lainya dengan lebih mudah. Angkong juga sering disebut dengan gerobak tangan, gerobak sorong, dan gerobak roda satu. Penggunaan kata angkong dalam bahasa Inggris disebut sebagai wheelbarrow. Alat sederhana angkong didesain memiliki satu sampai dua roda, berada pada bagian paling depan yang dikendalikan oleh pegangan pada bagian belakang gerobak. cara penggunaan untuk memindahkan benda adalah dengan di dorong  oleh tenaga manual.

Sumber: Pokoh Jaya Teknik

source : http://www.pokohjayateknik.com/

Di masa lalu, angkong digunakan sebagai transportasi manual yang memanfaatkan tenaga manusia dan hewan seperti kuda untuk menempuh jarak jauh. Transportasi angkong ini  menyerupai gerobak beroda dua dengan kursi empuk, dapat berjalan manual dengan cara ditarik oleh tenaga manusia. Pada masanya, angkong merupakan transportasi yang revolusioner, dan menjadi transportasi primadona Asia.

Saat ini beragam alat sudah bertransformasi menjadi alat-alat modern yang kerap kali dipilih oleh masyarakat modern. Mulai dari kendaraan sebagai moda transportasi, teknologi sebagai media komunikasi, dan alat rumah tangga. Namun, sampai saat ini angkong masih dijadikan pilihan masyarakat dalam membantu proses pengerjaan pembangunan. Masih penasaran dengan angkong? simak artikel berikut ini sampai paham ya.

Angkong di desain memiliki ukuran yang kecil, mudah, dan prakstis dalam penggunaanya. Sehingga, angkong banyak digemari berbagai kalangan, biasanya pada area proyek pembangunan, untuk membantu pengangkatan material bangunan seperti pasir, kerikil, semen, bata, dan masih banyak barang lainya.

Proses pembangunan dan pengecoran jalan seringkali menggunakan angkong sebagai alat yang dapat diandalkan. Dalam penggunaannya, angkong memiliki mobilitas yang tinggi dan mudah untuk di gunakan misalnya untuk mengangkut adonan material sebelum dituangkan ke jalan yang sedang dilakukan pengecoran.

Hanya dengan di dorong saja oleh tenaga manusia, dapat membantu pengguna menjadi lebih hemat tenaga dan waktu daripada menggunakan ember. Selain itu keunggulan angkong adalah memudahkan pengguna melewati segala medan, sehingga dapat mempercepat pengecoran jalan.

Berikut bagian bagian dari angkong Gokomodo:

  1. Bak gerobak, merupakan area utama yang digunakan sebagai tempat untuk menaruh berbagai material atau barang yang hendak di pindahkan. Ukuran rata-rata dari bak gerobak sekitar 90cm x 64cm x 24cm, sehingga dimensi dari material yang akan dipindahkan perlu disesuaikan dengan ukuran angkong supaya dapat dimuat dalam bak dengan posisi stabil dan tidak jatuh selama proses pemindahan material.
  2. Tuas pegangan, atau tuas dorong berfungsi untuk memindahkan angkong dari tempat satu ke tempat lainya.  Tuas pegangan angkong biasanya dilapisi dengan karet agar tidak mudah slip terutama saat telapak tangan berkeringat.
  3. Kaki penyangga, berfungsi sebagai tumpuan bak gerobak supaya penempatan angkong dapat sejajar, karena tanpa adanya kaki penyangga pastinya angkong tidak dapat berdiri dengan baik. 
  4. Roda, segera lakukan pengisian angin ban saat roda mengalami kurang angin. Hal ini dilakukan supaya penggunaan gerobak angkong tetap nyaman dan stabil selama pemindahan material, serta meminimalisir terjadinya risiko material tumpah di jalan.
Sumber: Pokoh Jaya Teknik

Cara Kerja Gerobak Angkong

Penggunaan angkong Gokomodo cukup dengan didorong oleh tenaga manusia. Cara kerja gerobak angkong menggunakan pengungkit (tuas) jenis kedua. Secara ilmu fisika, beban (w) yang berada pada atas bak gerobak angkong terletak diantara kuasa (F) dan titik tumpu. Panjang lengan beban selalu lebih pendek dibanding dengan panjang lengan kuasa. Oleh karena itu, dibutuhkan kuasa yang lebih kecil untuk menggangkat beban yang lebih berat.

Jadi penggunaan gerobak angkong ini akan mengubah beban yang berat menjadi lebih ringan dengan ban atau roda yang menjadi titik tumpunya. Oleh karena itu saat menggunakan angkong, kamu akan merasa lebih ringan dan mudah dibanding dengan cara manual yang pastinya akan keberatan untuk membawanya.

Nah, itulah informasi seputar angkong. Gokomodo juga akan launching produk angkong stark, yuk segera cek produk angkong pilihan kamu hanya di website GokoBiz. Selain dari angkong, kamu juga dapat menemukan informasi lainnya seputar teknologi pertanian lainnya pada link berikut 4 Jenis Alat Pemotong Rumput Terbaik

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.