Diterbitkan 14 Aug 2023

Begini Cara Mengatasi Penyakit Jamur Akar Putih pada Karet

Tips / Tutorial
Mengatasi penyakit jamur akar putih

Penyakit Jamur Akar Putih atau JAP merupakan penyakit tanaman yang menyerang tanaman karet. Jamur ini dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar apabila dibiarkan begitu saja, sehingga pencegahan dan pengendalian JAP harus segera dilakukan. 

Ada beberapa cara mengatasi penyakit JAP yang bisa kamu lakukan. Apabila kamu masih pemula, berikut adalah cara-cara yang bisa kamu ikuti untuk mencegah dan mengendalikan infeksi JAP di areal tanaman baru atau areal tanaman yang sudah terserang.

Pengendalian Penyakit Jamur Akar Putih 

a. Kultur Teknis

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah kultur teknis dengan membersihkan sisa tanaman (tunggul) secara mekanis. Selain itu, kamu juga bisa menanam tanaman antagonis, seperti kunyit, lidah mertua, lengkuas, kencur, ataupun sambiloto. Tanaman antagonis sendiri merupakan tanaman yang ada di sekitar kita untuk mencegah dan mengendalikan JAP.

b. Pengendalian secara Biologis

Pengendalian penyakit JAP juga dapat dilakukan dengan pemberian Jamur Trichoderma koningii, yakni cendawan antagonis patogen JAP di sekitar tanaman. Dosis yang diberikan adalah  50 gram untuk bibit/polybag, 100 gram untuk tanaman 2-4 tahun/pohon, serta 200 gram untuk tanaman diatas umur 4 tahun.

Dalam penggunaan jamur Trichoderma sp, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti cara aplikasi jamur dan syarat penggunaan jamur. Berikut adalah penjelasan singkatnya.  

Cara Penggunaan Jamur 

  • Bersihkan area di sekitar pangkal batang atau akar tanaman karet
  • Gali tanah di sekitar pangkal batang atau akar sedalam 5 cm dan taburi dengan pupuk kandang untuk menggemburkan permukaan tanah
  • Taburkan jamur Trichoderma koningii sesuai dosis yang dianjurkan
  • Tutup permukaan tanah yang telah  ditaburi jamur dengan mulsa agar kelembaban tanah tetap terjaga 
  • Jamur akan berfungsi apabila telah terlihat jamur berwarna kehijauan di permukaan tanah dekat perakaran tanaman.
  • Lakukan cara ini setiap 3 bulan sekali dan lihat hasilnya.

Syarat penggunaan Jamur 

  • Perhatikan kondisi iklim sebelum mengaplikasikan jamur di tingkat lapang. Gunakan pada awal musim penghujan dan hindari pengaplikasian jamur pada musim kemarau.
  • Saat menggunakan jamur Trichoderma sp untuk mencegah atau mengendalikan JAP, hindari penggunaan herbisida atau pengendalian hama lainnya menggunakan pestisida guna mengendalikan gulma atau rumput. Sebab, jamur Trichoderma sp akan ikut mati dan tidak bisa berfungsi.
  • Jamur Trichoderma sp yang akan ditaburkan di permukaan tanah sekitar perakaran tanaman tidak boleh langsung terkena cahaya matahari atau perlakuan di area terbuka. Sebab  sinar matahari langsung akan menyebabkan kematian pada jamur ini.

Beberapa cara di atas bisa kamu praktikkan apabila tanaman karet milikmu mulai menunjukkan gejala terserang jamur akar putih. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! Nah, untuk menambah wawasanmu, Ketahui Hasil Olahan Karet Yang Terkenal dengan membaca artikelnya di website Gokomodo, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin