Diterbitkan 5 Jan 2024

Begini Kandungan Nutrisi Jagung dan Manfaatnya

Lifestyle
kandungan nutrisi jagung

Memilih menu sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan, terutama agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Diantara pilihan sayur, buah, maupun jenis makanan bernutrisi lainnya, jagung bisa menjadi pilihan menarik. Buah yang mudah didapat dengan harga terjangkau ini bisa diolah menjadi berbagai menu dan cocok untuk camilan. Sebagai gambaran, berikut kandungan nutrisi jagung lengkap dengan manfaat yang akan kamu peroleh jika memilih jagung untuk camilan.

Kandungan Nutrisi Jagung 

Informasi nilai gizi per 100 gram BDD (Berat Dapat Dimakan) dapat disimak dalam ulasan berikut.

Protein 9,80 gram

Kandungan protein pada jagung terbilang cukup tinggi, bahkan bisa mencapai 16,33% tergantung varietasnya. Meski jumlahnya banyak, protein pada jagung telah kekurangan asam amino esensial sehingga kualitas proteinnya tidak begitu baik.

Karbohidrat 69,10 gram

Karbohidrat memang menjadi kandungan utama jagung dimana sebagian besar gula pada bahan pangan ini adalah sukrosa. Tak heran jika jagung juga menjadi pilihan alternatif selain nasi sebagai makanan pokok. Meski mengandung banyak gula, indeks glikemik pada jagung cukup rendah sehingga tidak begitu memberikan dampak pada lonjakan gula darah.

Sumber: IStock

Serat Pangan 2,20 gram

Jagung memiliki kandungan serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan. Beberapa serat yang dominan pada jagung adalah serat tidak larut seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin. 

Lemak 7,30 gram

Jagung merupakan bahan pangan yang memiliki kandungan lemak cukup rendah. Mengkonsumsi jagung dapat menjaga kesehatan jantung karena memiliki banyak lemak tak jenuh dan ganda.

Senyawa Lain pada Jagung

  • Lutein: salah satu karotenoid utama pada jagung sebagai antioksidan yang dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif.
  • Asam Fitat: antioksidan yang akan membantu penyerapan mineral makanan dalam tubuh seperti seng (4,10 mg) dan zat besi (2,30 mg).
  • Antosianin: pigmen yang memberi warna pada jagung.
  • Fosfor (538 mg): berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.
  • Tembaga (100 mcg): antioksidan yang berperan pada kesehatan jantung.
  • Aneka Vitamin: beberapa varietas jagung pada umumnya memiliki vitamin A, B1, B2, B3, dan C yang baik untuk tubuh.

Manfaat Jagung untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Mata

Jika biasanya kamu mengetahui wortel sangat baik untuk kesehatan mata, ternyata jagung juga memiliki peran penting. Alasannya karena jagung memiliki kandungan antioksidan karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein yang bagus untuk kesehatan mata. Cara menikmatinya juga sangat mudah, kamu hanya perlu merebus jagung selama 2-5 menit lalu menyantapnya. 

2. Menambah Berat Badan

Bagi sebagian orang, memiliki berat badan ideal memang cukup sulit, termasuk jika harus menambah berat badan. Jika kamu sudah jenuh mengonsumsi banyak sumber karbohidrat setiap hari, kamu bisa mencoba jagung untuk alternatif menu sehari-hari karena kalorinya yang tinggi bisa membantu menaikkan berat badan.

3. Mencegah Divertikulosis

Divertikulosis merupakan penyakit pada dinding usus besar dengan gejala perut begah, kram, infeksi, maupun pendarahan. Kandungan serat, vitamin, maupun mineral pada jagung mampu memperlancar saluran pencernaan sehingga dapat mencegah penyakit divertikulosis.

4. Menjaga Kehamilan

Selektif dalam memilih makanan saat hamil memang diperlukan agar bayi dapat tumbuh dengan baik dan ibu tetap sehat. Jagung bisa menjadi pilihan makanan sehat bagi ibu hamil karena kaya akan asam folat, zeaxanthin, dan asam patogen yang mengurangi resiko cacat lahir.
Itu dia kandungan dari jagung beserta manfaatnya bagi tubuh apabila dikonsumsi secara tepat. Untuk menambah wawasanmu, baca juga Inilah Hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Tanaman Jagung! di website Gokomodo, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin