Diterbitkan 11 Jun 2024

Berbagai Macam Alternatif POC Yang Dapat Digunakan Untuk Tanaman Kamu

Agri Edu
POC

Pemberian pupuk pada tanaman memang sangat penting untuk meningkatkan kualitas produksi agar diperoleh hasil panen yang maksimal. Dalam rangka memberi nutrisi yang tepat pada tanaman ini, petani dapat menggunakan Pupuk Organik Cair atau yang sering dikenal sebagai POC.

Cara membuatnya yang mudah dengan menggunakan bahan atau bahkan limbah ramah lingkungan membuat POC menjadi pupuk alternatif yang menjanjikan. Bagi kamu yang tertarik dengan jenis pupuk ini, simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pupuk ini dan manfaat yang diberikan.

Pengertian Pupuk Organik Cair (POC)

Seperti namanya, pupuk organik cair merupakan pupuk dengan bentuk cair yang dibuat dari bahan-bahan organik. Bahan pembuatan pupuk ini umumnya menggunakan limbah ramah lingkungan seperti limbah organik rumah tangga, tanaman, kotoran hewan, dan bahan organik lainnya.

Meski bahan dan cara membuatnya cukup sederhana, pupuk ini mengandung unsur hara makro dan mikro yang cukup lengkap. Bahkan pada pupuk ini terdapat mikroorganisme yang berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Dengan demikian, POC dapat menjadi solusi bagi petani ketika sedang kesulitan mencari produk pupuk komersial.

Sumber: iStock

Manfaat Pupuk Organik Cair (POC)

1. Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

POC memiliki kandungan hormon pertumbuhan alami yang penting untuk membantu merangsang pertumbuhan dan percabangan akar. Selain itu, pupuk ini juga dapat merangsang pembungaan dan pembuahan menjadi lebih optimal sehingga dapat membantu meningkatkan produksi buah dan biji.

2. Meningkatkan Ketahanan Tanaman

Selain memberikan nutrisi, POC juga berperan dalam meningkatkan sistem pertahanan tanaman dari serangan hama maupun penyakit. Berbagai mikroorganisme antagonis yang terhadap patogen dan serangga pengganggu akan memicu respons pertahanan tanaman. Dengan begitu, POC juga dapat berperan dalam mengurangi penggunaan pestisida kimia.

3. Meningkatkan Kualitas Tanah

Salah satu keluhan penggunaan pupuk adalah mengenai dampaknya terhadap kualitas tanah sehingga akan berpengaruh pada masa tanam berikutnya. Namun saat menggunakannya, kamu tidak perlu khawatir karena pupuk ini dapat meningkatkan aktivitas organisme dalam tanah seperti bakteri dan cacing tanah. Organisme-organisme tersebut berperan penting dalam proses dekomposisi bahan sehingga dapat meningkatkan kualitas tanah.

4. Menghemat Biaya Produksi

Sekilas POC memang dianggap sebagai pengganti pupuk komersial dengan bahan yang mudah didapatkan, bahkan kebanyakan dari limbah organik rumah tangga. Tapi lebih daripada itu, pupuk ini bisa meningkatkan ketahanan tanaman juga bisa mengurangi penggunaan pestisida. Oleh karena itu, penggunaan pupuk dalam usaha pertanian akan membuat petani lebih hemat biaya produksi sekaligus menekan dampak negatif.

5. Ramah Lingkungan

Berbeda dengan pupuk yang mengandung bahan kimia sintetis yang dapat merusak lingkungan, POC justru dapat membantu proses daur organik secara sederhana. POC yang diolah dari limbah organik dapat mengurangi limbah pertanian yang dapat menjadi sumber pencemaran air, udara, maupun tanah. Saat diaplikasikan, selanjutnya POC juga mampu meminimalkan dampak negatif yang bisa saja timbul dari bahan kimia sintesis.

Nah, itu dia manfaat POC yang sangat menarik untuk diketahui. Jika kamu tertarik membuatnya sendiri di rumah, simak artikel dari Gokomodo berikut ini, Mengenal Pupuk Organik Cair: Manfaat dan Cara Membuatnya. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.