Diterbitkan 18 Jul 2023

Berikut Capaian Karet Indonesia Pada Saat Ini

News
capaian karet indonesoa

Dalam beberapa tahun terakhir, produksi karet dalam negeri dapat dikatakan mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti serangan penyakit gugur daun, umur tanaman yang mulai tua. Faktor lainnya adalah rendahnya harga karet sehingga membuat para petani beralih menanam komoditas lain. 

Oleh karena itu, perhatian dan dukungan untuk para petani karet sangat dibutuhkan. Misalnya dengan edukasi perlindungan tanaman dari serangan hama gugur daun maupun membuat kebijakan terkait revitalisasi atau peremajaan pohon karet menggunakan bibit unggul. Sehingga, petani akan mampu meningkatkan produktivitas karet dengan lebih baik.

Karet sendiri merupakan bahan dasar pembuatan berbagai produk rumah tangga yang penting untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari pembuatan ban, karet gelang, karet tabung gas, sepatu dan alas kaki lainnya, sarung tangan medis, bantalan jembatan dan rel kereta api, aspal karet, hingga bangunan tahan gempa.  

Capaian karet Indonesia

Meski mengalami penurunan, berdasarkan data dari (BPS), produksi karet di Indonesia pada tahun 2022 berhasil mengalami kenaikan sebesar 0,64 persen. Pencapaian tahun 2022 yakni mencapai 3,14 juta ton jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang sebesar 3,12 juta ton. 

Sementara itu, capaian karet indonesia pada 2023 dan 2024 diperkirakan masih akan terus meningkat. Ketersediaan karet nasional yang dikonsumsi dalam negeri juga meningkat karena laju pertumbuhan produksi karet yang jauh lebih tinggi daripada laju pertumbuhan volume net ekspor.

Kebutuhan karet dunia masih terus berputar sehingga perlu adanya manajemen yang baik dalam perkebunan karet. Perkebunan karet yang baik dapat memenuhi ketersediaan karet Indonesia bahkan dunia.

Perkiraan ketersediaan karet Indonesia yang surplus dan bahkan terus meningkat ini menjadi tanda bahwa potensi ekspor karet dari Indonesia masih dapat ditingkatkan lagi. Namun sekali lagi, tingginya potensi ini harus diimbangi dengan kualitas yang lebih baik. 

Untuk mencapai hal tersebut, mengenali hama yang menyerang pohon karet sangat penting dilakukan. Inilah Hama Tanaman Karet dan Cara Pengendaliannya yang bisa kamu baca untuk menambah wawasan. Masih tertarik dengan update informasi seputar komoditas perkebunan di Indonesia? Kunjungi website Gokodomo sekarang!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin