Diterbitkan 7 May 2024

Biar Gak Salah Lagi! Ikuti Pedoman Penggunaan Pestisida Dengan Baik dan Benar

Tips / Tutorial
Pedoman Penggunaan Pestisida

Setiap petani tentu ingin memiliki hasil panen yang maksimal sehingga ada banyak upaya yang perlu dilakukan, salah satunya memberikan . Pemberian pestisida diharapkan agar tanaman terhindar dari hama dan penyakit yang dapat merusak tanaman – Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Insektisida Sistemik.

Tapi jika cara pemberiannya salah, insektisida dapat berdampak negatif pada manusia, lingkungan, maupun keberlanjutan pertanian. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti pedoman penggunaan pestisida dengan benar yang bisa kamu simak pada ulasan berikut. 

1. Pertimbangkan Pestisida

Ada banyak jenis pestisida yang dijual di pasaran dengan kandungan dan kadar yang beragam. Jika memungkinkan, ada baiknya kamu memilih alternatif jenis pestisida non-kimia yang disesuaikan dengan varietas tanaman. Dengan demikian kamu tidak hanya akan menjaga tanaman dari hama dan penyakit tetapi juga turut melestarikan lingkungan.

2. Perhatikan Petunjuk Penggunaan

Setiap jenis atau bahkan merk pestisida memiliki anjuran terbaik untuk petunjuk penggunaan. Kamu bisa mendapatkannya melalui label pada kemasan, pastikan kamu mengetahui petunjuk tersebut sebelum menggunakannya. 

Sumber: iStock

Ikuti semua instruksi mulai dari dosis, metode aplikasi, frekuensi aplikasi, serta petunjuk lainnya yang disarankan. Semua petunjuk yang diberikan ini tentu telah melewati proses uji coba sehingga tidak perlu diragukan lagi. Hindari pemberian pestisida secara berlebihan karena dapat mencemari lingkungan terutama air dan tanah.

3. Gunakan Alat Pelindung Diri

Meski kamu sudah berusaha berhati-hati, lebih baik gunakan alat pelindung diri selama mengaplikasikan pestisida. Mulai dari sarung tangan, masker pernapasan, kacamata pelindung, dan pakaian lengkap yang tertutup. Dengan demikian kamu bisa menghindari kontak langsung antara paparan insektisida dengan kulit dan mata untuk mengurangi risiko efek samping. 

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah pengaplikasian pestisida. Jika tanpa sengaja terjadi kontak, segera bilas menggunakan air bersih yang mengalir hingga dan pantau efek yang timbul. Saat muncul ruam, iritasi, maupun aneka bentuk reaksi lain yang lebih serius, segeralah mencari bantuan medis sebelum terlambat.

4. Pilih Waktu dan Cuaca yang Tepat

Waktu dan cuaca sangat mempengaruhi proses pengaplikasian pestisida agar lebih aman pagi petani maupun lingkungan. Hindari penggunaan insektisida pada saat angin kencang, cuaca tidak stabil, maupun hujan. Sebab kondisi tersebut dapat menyebabkan dispersi insektisida yang tidak diinginkan dan memungkinkan penyebaran pada lingkungan.

Pestisida yang menyebar tidak sebagaimana mestinya tersebut juga dapat berdampak pada manusia maupun organisme lainnya. Pemberian yang salah sasaran ini selanjutnya membuat pemberian pestisida untuk pengendalian hama menjadi kurang efektif.

5. Simpan Insektisida dengan Aman

Penggunaan pestisida terkadang memang tidak langsung habis dalam sekali pemberian, sehingga kamu perlu menyimpan sisa pestisida di tempat yang aman. Tutup rapat pestisida yang telah dibuka kemasannya dan jauhkan dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.

Itu dia pedoman penggunaan pestisida yang benar agar lebih aman dan efektif. Dapatkan berbagai produk pestisida, pupuk, dan alat pertanian yang lain di GokoMart terdekat. Saat ini, tersedia tiga GokoMart Bodok, GokoMart Muara Telang, dan GokoMart Nanga Tayap yang bisa kamu kunjungi.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin