Diterbitkan 2 Aug 2024

Bosan Makan Nasi? Cobain Tanaman Pangan Sumber Karbohidrat Ini, Yuk!

Agri Edu
Tanaman Pangan

Sumber energi utama bagi manusia untuk beraktivitas sehari-hari didapatkan melalui makanan. Untuk memenuhi gizi seimbang harian kamu, sebaiknya makanan yang kamu konsumsi mengandung komponen karbohidrat, protein, serat, lemak baik, vitamin, dan mineral. Sayangnya, masih sering kita jumpai masyarakat yang belum peduli akan hal ini dan hanya makan makanan dengan karbohidrat yang lebih dominan.

Karbohidrat akan dipecah oleh tubuh menjadi gula (glukosa) yang memberikan tenaga untuk tubuh, apabila mengkonsumsi karbohidrat seperti nasi secara berlebihan, maka akan berdampak negatif terhadap kesehatan. Bagi kamu yang ingin mengkonsumsi karbohidrat dengan aman dan sehat, berikut ini ada beberapa alternatif tanaman pangan tinggi karbohidrat dan rendah gula. 

Singkong

Sumber: Pexels

Singkong adalah salah satu bahan pangan penghasil karbohidrat selain nasi putih. Singkong termasuk lazim dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kenapa singkong bisa menjadi alternatif karbohidrat selain nasi?

Dalam 100 gram singkong terdapat 38 gram karbohidrat. Bahkan jumlah karbohidrat singkong lebih banyak dibandingkan nasi putih pulen yang hanya mengandung 28 gram karbohidrat per 100 gramnya. Meskipun kandungan karbohidratnya tinggi, singkong memiliki indeks glikemik yang rendah, hanya IG 55 saja. Dengan kata lain, mengkonsumsi singkong dapat meminimalisir lonjakan kadar gula di dalam darah sehingga memperkecil kemungkinan terkena diabetes.

Ubi Jalar

Ubi jalar juga termasuk sumber karbohidrat sehat pengganti nasi. Biasanya ubi jalar dimasak dengan cara direbus, dikukus, maupun dipanggang. Ubi jalar menjadi sumber karbohidrat alternatif karena memiliki kadar karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan nasi, namun dengan indeks glikemik yang rendah. Dalam 100 gram ubi jalar mengandung 24 gram karbohidrat, sedikit lebih banyak dibandingkan dengan nasi. Menariknya lagi, indeks glikemik ubi jalar berkisar antara IG 44-68 tergantung dengan cara pengolahannya.

Porang

Sumber: Petani Porang

Beberapa waktu lalu beras porang naik daun dikalangan influencers di sosial media. Beras porang menjadi alternatif bahan pangan rendah kalori. Kira-kira beras porang mengandung karbohidrat tidak, ya?

Beras porang berasal dari umbi porang (Amorphophallus onchopyllus). Dalam 100 gram beras porang mengandung 50 gram glucomanan. Glucomanan merupakan karbohidrat yang terdiri dari glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kabar baik untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan, 100 gram beras porang hanya mengandung 123 kalori, lho. Selain itu, beras porang juga tinggi serat yang membuatmu tetap kenyang dan melancarkan sistem pencernaan.

Pisang

Siapa sangka pisang menjadi salah satu tanaman pangan yang tinggi karbohidrat? Memang agak sedikit berbeda dengan sumber karbohidrat lainnya, kali ini sumber karbohidrat tinggi bisa didapatkan dari tanaman buah-buahan.

Sebaiknya tidak meragukan pisang sebagai sumber karbohidrat, karena pada 100 gram pisang mengandung karbohidrat sebanyak 23 gram. Jumlah karbohidratnya lebih rendah dibandingkan nasi putih pulen sehingga cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan, nih.

Indeks glikemik pada pisang masuk dalam kategori sedang, yaitu IG 42-62, tergantung jenis pisang dan tingkat kematangannya. Pisang yang sudah matang memiliki indeks glikemik sebanyak IG 51 sehingga kecil kemungkinan menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes, sebaiknya mengkonsumsi pisang setengah matang dengan kadar indeks glikemik sebesar IG 42.

Dari tanaman pangan tinggi karbohidrat dan rendah glukosa rekomendasi Gokomodo, mana nih kira-kira yang akan kamu coba? Tetap bijaksana dalam mengkonsumsi segala bentuk bahan pangan dan makanan yah.. Apabila diperlukan, kamu bisa konsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu.Penting juga untuk kamu Ketahui 5 Tanaman Pangan Pengganti Nasi supaya ada variasi karbohidrat di piringmu. Simak artikel tentang tanaman pangan lebih banyak hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin