Diterbitkan 11 Jul 2024

Cara Menanam Ubi Jalar: Mulai Dengan Persiapan Lahan yang Tepat!

Tips / Tutorial
Cara Menanam Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu tanaman umbi yang bergizi tinggi dan memiliki banyak penggemar. Cara menanam ubi jalar yang sangat sederhana membuat tanaman ini seringkali menjadi pilihan untuk mengisi pekarangan rumah agar hasilnya dapat dinikmati bersama keluarga.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak mencari cara yang paling tepat agar dapat menikmati hasil panen yang melimpah. Apalagi sebelum panen diperlukan berbagai tahapan yang harus dilewati dengan matang. Ikuti langkah-langkah menanam ubi jalar mulai dari proses persiapan lahan hingga panen berikut ini.

Sumber: iStock

Tahap Menanam Ubi Jalar hingga Panen

1. Persiapan Lahan dan Media Tanam

Lahan terbaik untuk menanam ubi jalar harus memiliki sinar matahari dan drainase yang baik. Pastikan lahan cukup subur dan memiliki pH yang sesuai dengan ubi jalar agar pertumbuhan tanaman dapat berlangsung dengan baik. Lakukan berbagai upaya agar lahan bersih dari gulma dan bebatuan yang dapat menghambat pertumbuhan ubi jalar.

2. Pemilihan Jenis dan Bibit yang Berkualitas

Ubi jalar memiliki beberapa jenis seperti ubi jalar ungu, kuning, maupun orange yang bisa kamu pilih sesuai dengan iklim dan kondisi tanah. Setelah menentukan jenisnya, pastikan untuk memperoleh bibit yang berkualitas dari sumber yang terpercaya. Jangan sungkan bertanya pada petani lain agar bibit yang akan ditanam terjamin sehat dan bebas penyakit.

3. Penanaman Bibit Ubi Jalar

Proses menanam bibit tidak boleh dilakukan sembarangan dimana kamu perlu meletakkan bibit ubi jalar ke dalam lubang dengan akar yang menghadap ke bawah. Saat menutup lubang tanam, tekan tanah secara perlahan agar bibit dapat berdiri tegak. Berikan jarak yang cukup antar tanaman agar tidak terdapat persaingan dalam memperoleh unsur hara. 

4. Pemberian Pupuk yang Tepat

Pupuk yang berkualitas, baik pupuk organik maupun anorganik keduanya dapat membantu pertumbuhan tanaman. Kamu bisa menambahkan pupuk kandang maupun pupuk NPK secara teratur sesuai dosis yang dianjurkan dalam petunjuk yang ada di kemasan. Jangan melebihi batas anjuran karena dapat berakibat buruk pada tanaman maupun lingkungan.

5. Penyiraman Secara Berkala

Penyiraman yang dilakukan secara optimal tidak hanya membantu tanaman dapat menyerap unsur hara dengan baik tetapi juga akan membantu menjaga kelembaban tanah. Meski demikian, mengusahakan tanah yang lembab jangan sampai tergenang air karena rentan mengakibatkan pembusukan.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Sebagaimana tanaman lain yang berpotensi mengalami serangan hama dan penyakit, ubi jalar juga demikian. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan area tanam dan melakukan pengendalian menggunakan pestisida maupun pengendalian hayati apabila perlu.

7. Pemanenan Ubi Jalar

Setelah mencapai umur yang matang, ubi jalar siap panen ditandai dengan daun yang mulai menguning dan layu. Proses panen ubi jalar perlu dilakukan secara hati-hati menggunakan bantuan sekop atau garpu tanam. Untuk mempermudah proses panen, gali tanah di sekitar tanaman agar lebih mudah saat mengeluarkan umbi dengan akarnya.

Demikian cara menanam ubi jalar dari persiapan lahan hingga pemanenan yang penting kamu ketahui sebelum menanamnya di pekarangan rumah. Semoga informasi ini dapat semakin menambah wawasanmu! Dapatkan artikel bermanfaat lainnya hanya di website Gokomodo, seperti Mengenal Cengkeh: Manfaat Kesehatan dan Ragam Olahannya yang praktis

whatsapp
twitter
facebook
linkedin