Diterbitkan 14 Jun 2024

Cari Tahu Fungsi Pupuk TSP Sebagai Sumber Nutrisi Untuk Perkembangan Buah

Infografik
Pupuk TSP

Fosfat menjadi salah satu unsur hara makro yang harus ada pada tanah agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Namun, penelitian mengungkapkan bahwa jumlah fosfat dalam tanah mulai mengalami penurunan. Padahal fosfat sangat berperan penting pada pertumbuhan geneatif pada tanaman dan mempengaruhi hasil panennya. Bagaimana mengatasi hal tersebut?

Salah satu upaya untuk mencukupi kebutuhan fosfat dalam tanah yaitu dengan memberikan pupuk tunggal fosfat. Dari berbagai macam pupuk fosfat yang beredar di pasaran, pupuk TSP menjadi pupuk yang memiliki kandungan fosfat paling banyak dibandingkan dengan pupuk fosfat lainnya. Yuk, simak penjelasan pupuk ini dan rekomendasinya di bawah ini!

Pupuk TSP

Pupuk TSP (Triple Super Phospate) merupakan pupuk kimia tunggal yang mengandung fosfor. Kandungan fosfor dalam pupuk ini mencapai 44-46% dan tersedia dalam bentuk P2O5. Pupuk ini di pasaran biasanya ada dalam sediaan granul berwarna abu-abu. Pupuk ini juga tidak higroskopis atau tidak mudah larut dalam air, sehingga termasuk ke dalam pupuk slow release. Biasanya digunakan pada tanaman padi, jagung, kentang, wortel, kacang-kacangan, kelapa sawit, tanaman semusim, dan tanaman buah. Penggunaannya sangat membawa manfaat bagi tanaman, diantaranya:

  • Membantu proses fotosintesis dan respirasi pada tanaman.
  • Merangsang pertumbuhan akar tanaman.
  • Pada tanaman kelapa sawit, penggunaannya juga membantu batang dan akar tanaman kelapa sawit semakin kokoh dan tidak mudah roboh. 
  • Meningkatkan produktivitas tanaman.
  • Menjadikan tanaman lebih tahan dari kekeringan.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas panen.
  • Mempercepat pertumbuhan tanaman. 

Karena sudah tahu manfaatnya, tidak perlu lagi menggunakan pupuk ini untuk tanaman. Bingung harus beli pupuk yang mana? Nih, Gokomodo kasih rekomendasi beberapa pupuk yang laris di pasaran.

Pupuk DGW TSP

Pupuk DGW TSP merupakan pupuk yang tersedia dalam butiran berwarna coklat tua dan hitam serta mengandung fosfat sebanyak 45%. Jenis pupuk ini membantu merangsang pertumbuhan vegetatif dan generatif pada tanaman dan membuat pertumbuhan tanaman lebih seragam. Pupuk DGW dapat diaplikasikan dengan cara ditabur maupun dibenamkan sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan. Jenis pupuk ini tersedia dalam kemasan 50 kg dengan harga Rp 14.125/kg.

Pupuk TSP Mahkota

TSP Mahkota merupakan pupuk yang banyak tersedia di toko pertanian. Pupuk ini terkenal dengan kandungan fosfor pertama yang mengandung unsur 46% P2O5. Pupuk Mahkota tersedia dalam bentuk butiran dengan warna abu-abu. Mahkota tersedia dalam kemasan 50 kg dengan harga Rp 750.000,-.

Pupuk MerokeTSP

Selain pupuk TSP Mahkota, ada merek pupuk lainnya dengan kandungan fosfat yang tinggi. Pupuk MerokeTSP memiliki kandungan fosfat sebanyak 46% dan tersedia dalam sediaan hitam maupun abu-abu. Dosis pemupukan pupuk MerokeTSP dapat disesuaikan dengan tingkat kesuburan tanaman dan kondisi tanaman. Pupuk Meroke dapat dibeli dengan harga Rp 590.000 – Rp 857.000 dengan kemasan 50 kg. 

Pupuk TSP Daun Sawit

TSP Daun Sawit terkenal dengan keunggulannya untuk memperkokoh batang tanaman supaya tidak mudah roboh. Pupuk Daun Sawit mengandung 46% P2O5 sebagai fosfor.  Selain itu, Pupuk ini membantu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit dan mempercepat proses pembungaan dan pemasakan biji. 

Saat menggunakan pupuk ini, pastikan kamu membaca petunjuk yang tertera pada kemasan. Kamu juga dapat mempelajari asal muasal pupuk fosfat pada artikel Macam Pupuk Fosfat Berdasarkan Sumbernya. Mau beli pupuk TSP? Coba deh kunjungi GokoMart yang menjual saprodi pertanian berkualitas, asli, dengan harga yang terjangkau!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.