Diterbitkan 11 Jul 2023

Kenali Tanaman Clean Fifteen, Tanaman Minim Terpapar Pestisida

Lifestyle

Meskipun penggunaan pestisida di dunia pertanian tidak bisa terhindarkan, namun ternyata ada beberapa tanaman yang sangat jarang terpapar bahan tersebut. Rendahnya paparan pestisida ini tentunya membuat buah dan sayur semakin aman untuk dikonsumsi sehari-hari.  

Sebagai panduan konsumen, beberapa pakar dari The Environmental Working Group (EWG) akhirnya menjelaskan bahwa ada beberapa tanaman minim terpapar pestisida. Mereka membuat daftar yang dikenal dengan sebutan Clean Fifteen.

15 Tanaman Minim Terpapar Pestisida

Kategori Buah

1. Alpukat

Alpukat menjadi bahan makanan paling minim terpapar pestisida karena memiliki lapisan kulit yang cukup tebal. Lapisan tersebut bersifat protektif guna menjaga kebersihan daging buahnya.

2. Jagung

Siapa sangka, jagung juga termasuk makanan yang rendah paparan pestisida karena memiliki kulit yang tebal. Bahkan untuk mendapatkan bijinya, kamu harus mengupas beberapa lapisan kulitnya.

3. Nanas

Buah lain yang rendah paparan pestisida adalah nanas. Buah berwarna kuning ini memiliki lapisan luar yang sangat tebal untuk melindungi daging buah di dalamnya. 

4. Kiwi

Kiwi juga termasuk buah yang rendah paparan pestisida. Dengan demikian, buah ini aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

5. Pepaya

Berikutnya ada pepaya. Buah yang biasa diolah menjadi rujak ini ternyata juga memiliki kulit yang mampu melindungi daging buah dari paparan pestisida. 

6. Honeydew melon

Memiliki kulit buah yang tebal, tak heran honeydew melon juga termasuk daftar bahan yang minim paparan pestisida.

7. Cantaloupe

Terakhir, buah yang dikenal sebagai melon oranye ini rupanya juga minim paparan pestisida. Hal iji karena cantaloupe memiliki kulit buah yang tebal. 

Kategori sayur

8. Kacang polong 

Kacang polong diklaim memiliki penghalang alami yang mampu melindungi dari paparan pestisida. Oleh karenanya, banyak orang mulai mengonsumsi kacang polong beku.

9. Terong

Terong merupakan jenis sayuran yang termasuk rendah paparan pestisida. Tak heran, terong menjadi favorit banyak orang.  

10. Asparagus

Asparagus termasuk sayuran minim pestisida karena mengandung enzim yang mampu memecah pestisida penarget kumbang.

11. Brokoli

Produksi glukosinolat pada sayuran brokoli rupanya membuat hama atau serangga enggan mendekat. Oleh karena itu, sayuran ini termasuk minim paparan pestisida.

12. Kubis

Sama seperti brokoli, kubis juga mampu memproduksi senyawa glukosinolat. Oleh karena itu, petani tidak perlu menggunakan banyak pestisida saat menanam sayuran ini.

13. Kembang kol

Kembang kol juga termasuk minim paparan pestisida. Oleh karena itu, kamu bisa rutin mengonsumsi sayuran ini.

14. Jamur

Meskipun langsung tumbuh di tanah, tapi jamur juga termasuk makanan yang minim paparan pestisida.  

15. Bawang bombay

Meskipun memiliki lapisan kulit yang tipis, rupanya bawang bombay juga termasuk dalam daftar bahan makanan yang paling minim terpapar residu pestisida.

Itu dia 15 bahan makanan yang minim terkena paparan pestisida. Meskipun diklaim bersih, kamu tetap harus mencucinya sebelum mengonsumsinya. Baca juga Keragaman Buah Langka di Indonesia yang Jarang Diketahui Orang! hanya di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin