Diterbitkan 7 Nov 2023

Mengenal Pupuk Phonska: Ketahui Kandungan dan Macamnya

Agri Edu
Pupuk phonska

Mengenali jenis pupuk adalah salah satu kemampuan penting yang wajib dimiliki oleh petani dalam merawat tanaman. Setiap tanaman memiliki kebutuhan pemberian pupuk yang berbeda sehingga banyak pula jenis pupuk yang tersedia.

Salah satu jenis pupuk yang cukup banyak dibutuhkan oleh tanaman adalah Pupuk Phonska atau pupuk majemuk NPK. Seiring kebutuhan masyarakat, pemerintah pun memberikan subsidi pada produk tertentu sehingga kamu bisa membelinya dengan harga terjangkau.

Pemberian Pupuk Phonska memang sangat membantu para petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Pastikan kamu mengetahui kandungan Pupuk jenis inidan berbagai macam produknya agar tidak salah dalam menggunakannya dengan menyimak ulasan berikut.

Kandungan Pupuk Phonska

Pupuk Phonska kerap disebut dengan Pupuk Majemuk NPK karena terdiri dari beberapa unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman. Yaitu Nitrogen (N), Kalium (K), Fosfat (P) dan Sulfur (S) dengan persentase umum 15%  untuk NPK dan 10% pada Sulfur.

Tidak hanya itu, kini kamu bahkan bisa menemukan Pupuk Phonska Plus yang diperkaya dengan unsur Zink. Tambahan kandungan ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan pupuk sehingga dapat meningkatkan hasil panen. 

Zink (Zn) juga sangat berperan dalam mengoptimalkan pembentukan bunga dan memperbanyak buah. Tentu tambahan kandungan pada pupuk ini cukup beragam tergantung masing-masing merk sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagian besar pupuk ini biasanya dapat kamu temukan dalam bentuk granul berwarna putih (natural white) maupun pink. Sifatnya yang higroskopis sehingga mudah larut dalam air ini membuatnya mudah untuk diaplikasikan dan mudah diserap tanaman. 

Macam-macam Produk Pupuk Phonska 

1. Phonska 15-15-15

Diantara phonska yang tersedia, pupuk ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat karena telah disubsidi pemerintah. Subsidi dari pemerintah ini dapat membantu masyarakat untuk tetap merawat tanaman dengan menekan biaya produksi. Hanya saja, mengingat pupuk ini diedarkan dengan harga terjangkau maka pembelian cukup terbatas. 

Komposisi unsur hara yang terkandung dalam pupuk ini yakni 15% untuk masing-masing unsur NPK dengan tambahan sulfur 10%. Sebagai jenis majemuk, phonska memiliki fungsi yang variatif untuk hampir semua jenis komoditas tanaman. 

Phonska sangat cocok digunakan pada tanah yang memiliki kandungan belerang rendah sebab mengandung 10% sulfur. Unsur hara belerang sangat dibutuhkan tanaman yang sedang dalam masa pertumbuhan seperti meningkatkan rendemen gula pada tebu.

2. Phonska Plus 15-15-15

Meski namanya mirip, Phonska Plus memiliki sedikit perbedaan daripada phonska biasa. Bagian paling menonjolnya adalah tak hanya mengandung unsur NPK dan Belerang tetapi juga Zinc.

Kandungan Seng (Zn) sebesar 2.000 ppm ini dapat menjadi solusi untuk menghadapi masalah defisiensi Seng pada lahan pertanian. Kekurangan Seng dapat berdampak pada menurunnya kualitas hasil tanam berupa kekerdilan tanaman, daun mengecil, dan ukuran buah kecil.

Tidak hanya itu, Zn juga berperan penting dalam memaksimalkan penyerapan unsur hara makro lainnya dalam pupuk. Dengan demikian, tanaman akan tumbuh dengan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap penyakit sekaligus unsur hara esensialnya tercukupi.

Sekian penjelasan mengenai kandungan Pupuk Phonska lengkap dengan macam produknya yang dapat kamu pilih. Dengan membaca ulasan ini, kamu jadi tahu pentingnya Pupuk Phonska bagi tanaman untuk mendapat hasil panen yang maksimal. Baca juga Jenis Pupuk NPK untuk Maksimalkan Pertumbuhan Tanaman Pangan lainnya di website Gokomodo, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.