Diterbitkan 9 Sep 2024

Penting Tahu 2 Jenis Pupuk Untuk Kebutuhan Pertumbuhan Fase Tanaman

Agri Edu
Jenis Pupuk

Tiap fase pertumbuhan tanaman, baik vegetatif maupun generatif membutuhkan jenis pupuk yang berbeda untuk membantu pertumbuhannya lebih optimal. Pada fase vegetatif, tanaman membutuhkan pupuk unsur N lebih tinggi untuk mendukung pertumbuhan akar, batang, maupun daun.

Sementara itu, pupuk dengan kandungan P dan K yang lebih tinggi diperlukan saat fase generatif dimana tanaman sedang mengalami proses pembungaan. Simak ulasan berikut untuk mengetahui aneka rekomendasi jenis pupuk terbaik berdasarkan fase pertumbuhan agar kamu tidak salah pilih.

sumber: istock

Jenis Pupuk untuk Fase Vegetatif 

HX AS

Perpaduan unsur N sebanyak 21% dan S sebanyak 24% membuat pupuk HX AS mampu merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman. Pupuk Tunggal ZA (Amonium Sulfat) berupa kristal putih ini juga membantu meningkatkan ukuran buah. Kualitas mutu buah, meliputi aroma, rasa, dan warna buah juga akan meningkat sehingga hasil panen lebih berkualitas.

Crop Fest 21-21-21+TE

Crop Fest 21-21-21 adalah pupuk daun yang mengandung unsur hara N, P2O5, dan K2O dengan perbandingan 21%. Sebagai pelengkap, pupuk dalam bentuk butiran berwarna biru ini juga memiliki kandungan ZnO, MgO, CaO, dan B. Campuran dari unsur tersebut akan merangsang pertumbuhan akar, batang, daun, serta pembentukan bunga agar tidak rontok.

Cakra Pandawa NP

Pupuk dengan kandungan N sebanyak 20% ini sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman pada fase vegetatif. Diperkaya dengan unsur P2O5 10%, Zn 1%, dan B 0,05% membuat Pupuk Cakra Pandawa NP dapat diandalkan. Selain mempercepat pertumbuhan vegetatif, pupuk ini juga mampu meningkatkan kekuatan tanaman terhadap hama dan penyakit.

Jenis Pupuk untuk Fase Generatif 

HX-MKP

Bagi petani yang ingin fokus memenuhi kebutuhan unsur P dan K untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman pada fase generatif, pupuk ini bisa menjadi pilihan. Dengan kandungan P2O5 50% dan K2O 35%, HX-MKP mampu meningkatkan pembentukan buah dan umbi yang berkualitas. Bentuknya yang berupa butiran kristal berwarna putih membuatnya mudah larut sehingga memudahkan proses pemberian pupuk.

NK Cockhead 9-34

Seperti namanya, NK Cockhead adalah pupuk yang memiliki perpaduan unsur N sebanyak 9% dan Kalium sebanyak 34%. Kombinasi kedua unsur tersebut  mampu meningkatkan pembentukan buah, umbi, maupun bulir padi. Pupuk berbentuk butiran berwarna coklat ini juga membantu tanaman menjadi lebih sehat, kokoh, dan meningkatkan kualitas hasil panen.

KNO3 Prill

Kandungan unsur Kalium pada KNO3 Prill cukup tinggi, yakni sebanyak 45% dalam bentuk K2O. Unsur tersebut dipadukan dengan Nitrogen sebanyak 13% yang berfungsi membantu merangsang pembungaan dan pembuahan tanaman. Pemberian pupuk ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan bobot buah sehingga hasil panen akan memuaskan.

Perbedaan penggunaan jenis pupuk berdasarkan fase pertumbuhan sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur dan menghasilkan buah yang lebih melimpah. Dapatkan berbagai informasi menarik seputar dunia pertanian melalui website Gokomodo. Misalnya, Tanamanmu Belum Kunjung Berbuah? Coba Deh Buat Pupuk Organik Perangsang Buah Berikut Ini! Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai produk pupuk, pestisida, dan alat pertanian lainnya melalui GokoMart, toko tani modern yang lengkap dan bergaransi asli.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin