Diterbitkan 17 Jan 2024

Perhatikan Cara Memilih Bibit Durian Agar Kualitas Buahnya Terjaga

Tips / Tutorial
bibit durian

Durian terkenal dengan predikat “Sang Raja Buah” dan memiliki penggemar yang banyak. Meskipun baunya menyengat, banyak orang mengkonsumsi durian karena rasanya yang lezat dan unik. Kualitas rasa buah durian serta kuantitas beratnya ternyata juga dipengaruhi oleh bibit yang digunakan. Bibit durian merupakan tanaman muda yang memilki sifat unggul seperti tanaman induknya. Semakin baik bibit yang dipakai, hasil panen juga akan semakin baik. Lalu, seperti apa bibit yang unggul dan berkualitas? Yuk, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Cara Memilih Bibit Durian yang Berkualitas

Sumber: Top Fruits

Bibit durian yang unggul dan berkualitas ternyata memilki ciri khasnya tersendiri. Pemilihan bibit berkualitas sangat penting agar buah yang dihasilkan berkualitas pula. Nah, bingung untuk memilih bibit durian berkualitas? Tenang saja, Gokomodo sudah merangkum ciri bibit d berkualitas.

a. Dilihat dari bentuk daun dan jenis pertumbuhannya

Bentuk daun dan jenis pertumbuhan sangat perlu diperhatikan sebelum memutuskan dalam memilih bibit. Ternyata, bentuk daun bibit menentukan varietasnya. Beberapa durian memiliki daun yang berbentuk lonjong, bulat, bahkan oval. Bibit yang baik biasanya terdapat 8-10 helai daun. Idealnya, pilih bibit yang sudah berusia 6 bulan, ya. 

b. Memperhatikan batang durian juga tidak kalah penting

Pilih bibit durian dengan batang yang kokoh. Sebaiknya batang utama bibit terlihat lurus, tumbuh dengan tegak serta tidak melengkung, dan mempunyai banyak cabang. Batang bibit yang baik memilki tinggi berkisar 50-65 cm dengan diameter 1-1,5 cm. Pastikan batang bibit tidak terdapat bubuk putih. Bubuk putih tersebut menandakan adanya larva lalat daun yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan bibit nantinya. 

c. Kriteria cabang bibit durian berkualitas

Selain bentuk fisik batang, pemilihan bibit durian berkualitas juga ditentukan dengan jumlah cabangnya. Cabang bibit yang berukuran kecil dengan pertumbuhan ke samping akan membantu proses perccabangan yang tersebar merata, sehingga membantu bibit tumbuh dengan tegak. Semakin besar cabang beresiko bibit mudah tumbang saat tumbuh. 

d. Pilih bibit berdasarkan banyaknya kaki

Ada dua jenis bibit durian yang ada di pasaran; bibit berkaki tunggal dan ganda. Sebaiknya memilih bibit dengan kaki ganda. Sebab, apabila satu kaki terserang kanker batang, masih ada batang lainnya yang digunakan sebagai cadangan. 

Jenis Durian yang Tumbuh dengan Cepat di indonesia

Sumber: iStock

Ada banyak jenis durian yang dapat tumbuh di Indonesia. Tetapi, tidak semuanya dapat tumbuh dan berbuah dengan cepat. Selain memilih bibit yang berkualitas, kamu dapat mempertimbangkan memilih bibit durian yang cepat tumbuh dan berbuah. Inilah beberapa jenis durian yang dapat tumbuh dengan cepat:

  • Durian Montong memerlukan waktu 3-4 tahun untuk berbuah.
  • Durian Musang King memerlukan waktu 4 tahun untuk berbuah.
  • Durian Bawor dapat berbuah pada usia 3 tahun.
  • Durian Duri Hitam dapat berbuah pada usia 3-4 tahun.
  • Durian Petruk mampu berbuah di usianya yang kurang dari 5 tahun.
  • Durian Merah Banyuwangi dapat berbuah pada usia 3 tahun.

Menurutmu, apakah masih lama menunggu 3-5 tahun durian untuk berbuah? Faktanya, di Indonesia durian lokal yang lain saja menunggu waktu 8-10 tahun agar dapat berbuah. Nah, jenis durian yang telah disebutkan, hanya membutuhkan waktu paling lama 5 tahun agar berbuah. Tergolong cepat berbuah, kan?

Jika memang kamu tertarik untuk budidaya durian, pastikan bibit sudah ber-SNI. Mengapa? Karena Standarisasi Mutu Ciptakan Bibit Benih Berkualitas. Tertarik untuk budidaya tanaman buah lainnya, tapi bingung mulai dari mana? Kunjungi blog Gokomodo untuk referensi budidaya tanaman mulai dari pemilihan benih, perawatan, hingga cara panennya. Semoga membantu dan selamat berbudidaya tanaman!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin