Diterbitkan 20 Jun 2023

Pestisida Alami: Keuntungan dan Kerugian Saat Memakainya di Lahan

Agri Edu
pestisida alami

Pestisida memiliki banyak jenis disesuaikan dengan OPT yang menyerang tanaman. Berdasarkan bahannya, pestisida dibagi menjadi dua yaitu pestisida alami dan pestisida buatan. Dalam artikel ini, Gokomodo akan mengulas seputar pestisida alami. 

Pestisida adalah obat-obatan yang digunakan untuk mengendalikan OPT dengan bahan utamanya berasal dari tumbuhan maupun sisa-sisa makhluk hidup seperti sisa tumbuhan, mikroorganisme, dan bahan organik lainnya – Begini Cara Membuat Herbisida Alami dari Bahan Dapur. Ada tiga jenis pestisida alami yaitu nabati/botani, biologi, dan mineral. Kegunaannya sama dengan pestisida pada umumnya yaitu mencegah invasi OPT pada tanaman.

Dalam penggunaannya ada keuntungan dan kerugian, sehingga kamu harus bisa menutupi kekurangan pestisida alami agar berhasil. Apa sajakah itu?

Keuntungan

  • Cepat terurai oleh alam dan minim pencemaran lingkungan
  • Cepat mengatasi invasi OPT tanpa harus membunuh OPT tersebut
  • Aman jika terkena manusia karena daya racunnya tergolong rendah untuk manusia

Kerugian

  • Kurang efektif untuk tanaman karena sifatnya yang mudah terurai
  • Persediaan masih terbatas mengingat bahan baku utama dari sisa makhluk hidup dan mikroorganisme
  • Masih jarang penelitian terkait penggunaan
  • Tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang
  • Kurang praktis karena harus mencari bahan dan dibuat sendiri

Pembuatan pestisida alami tentu tidak lepas dari bahan aktif seperti penurun nafsu makan (anti feedant), penolak (repellent), penarik (attractant), menghambat perkembangan, menurunkan keperidian, racun, dan mencegah peletakan telur OPT. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 1000 macam tumbuhan yang dimanfaatkan, contohnya tembakau, sambiloto, sirih, dan masih banyak lagi. 

Penggunaan bahan alami mendukung terwujudnya konsep pertanian ramah lingkungan. Konsep pertanian ramah lingkungan yaitu mengutamakan keamanan ekosistem dengan penggunaan bahan yang terjangkau dan peralatan yang sederhana. Harapannya dengan diterapkannya konsep tersebut dapat memperbaiki keadaan lingkungan. Jangan lupa untuk selalu baca artikel melalui website Gokomodo dan aplikasinya untuk menambah wawasan seputar pertanian di Indonesia!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.