Diterbitkan 8 Nov 2023

Selain CPO, Ternyata Buah Kelapa Sawit Menghasilkan Minyak Lain, Lho.

Agri Edu
Buah Kelapa Sawit

Tahukah kamu minyak yang saat ini banyak dikonsumsi merupakan minyak hasil buah kelapa sawit? Banyak yang sudah tahu buah sawit dimanfaatkan bagian dagingnya untuk diperas sehingga menghasilkan minyak yang kemudian disebut sebagai Crude Palm Oil (CPO). Tidak hanya menghasilkan CPO saja, kelapa sawit menghasilkan jenis minyak lain yang masih sedikit yang tahu. Kira-kira minyak apa, ya? Simak penjelasannya berikut!

Buah Kelapa Sawit

Sumber: Henan Kingman M&E Complete Plant Co., Ltd.

Buah kelapa sawit menjadi bagian paling penting karena dari sinilah minyak kelapa sawit biasanya dipanen. Buah sawit memilki variasi warna, mulai dari hitam, ungu, hingga merah tergantung dari benih yang digunakan. Biasanya buah tumbuh bergerombol dalam satu tandan di setiap pelepah. Bagian buah kelapa sawit terdiri dari 80% perikarpium dan sisanya merupakan daging buah. Lebih detailnya, berikut anatomi buah pada tanaman sawit:

1. Perikarpium

Perikaripum, biasa disebut dengan istilah perikarp, merupakan bagian terluar pada buah. Pada bagian perikarpium terdiri dari lapisan epikarpium dan mesokarpium. Pada lapisan mesokarpium inilah minyak kelapa sawit dihasilkan

2. Endokarpium

Endokarpium merupakan bagian inti buah kelapa sawit. Pada lapisan endokarpium, terapat lapisan lagi yaitu endosperm dan lembaga. Endokarpium mengandung banyak minyak inti yang dikenal sebagai Palm Kernel Oil (PKO).

Proses Pengiolahan Inti Buah Kelapa Sawit 

Inti buah kelapa sawit atau dikenal dengan sebutan kernel sawit tentunya memilik manfaat sama halnya dengan bagian buah lainnya. Biasanya bagian kernel sawit digunakan sebagai bahan untuk membuat Palm Kernel Oil (PKO). 

Untuk membuat PKO, kernel sawit harus ditimbang terlebih dahulu untuk mengetahui berat kotor dan berat bersihnya. Setelah diketahui beratnya, kernel sawit dimasukkan ke dalam mesin dan diolah menggunakan mesin konveyor. Proses pembuatan PKO dilanjutkan dengan memasukkan kernel sawit ke dalam mesin crusher untuk di press sehingga kandungan minyak kernel keluar. 

Manfaat Inti Buah Kelapa Sawit

Sumber: Pinterest

Tanpa disadari, kernel sawit yang sudah diolah menjadi PKO banyak digunakan oleh manusia dan industri kimia. Apa saja manfaat yang terkandung dalam PKO maupun dikonsumsi langsung? Berikut ini Gokomodo ringkas manfaatnya

1. Meningkatkan kesehatan manusia

Mengonsumsi kernel sawit secara langsung ternyata ikut menambah jumlah konsumsi vitamin K harian. Vitamin K sangat diperlukan untuk proses pembekuan darah, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko kanker, dan menjaga fungsi kongnitif.

Selain itu PKO terbukti tidak mengandung kolesterol sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif minyak goreng pada umumnya. Meskipun rendah kolesterol, mengonsumsi PKO juga masih memenuhi kebutuhan kolesterol dalam tubuh.

2. Sebagai campuran bahan kosmetik

PKO dapat digunakan sebagai bahan campuran sabun, sampo, pelembab kulit, dan produk kecantikan lainnya. PKO dijadikan bahan campuran kosmetik karena kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan dan melembabkan kulit. 

3. Sebagai campuran makanan

PKO memilki suhu yang berbeda dengan CPO. PKO akan menjadi padat apabila disimpan di suhu ruang dan meleleh apabila berada di suhu tubuh serta mengeluarkan sesnasi dingin pada kulit. Nah, keunikan suhu pada PKO lantas dimanfaatkan sebagai lapisan es krim, coklat, konveksi es, dan isian permen meleleh.

Selain PKO, ada juga hasil dari buah kelapa sawit yang belum banyak diketahui orang yaitu minyak sawit merah. Selengkapnya tentang minyak sawit merah dapat dibaca pada artikel Minyak Sawit Merah: Produk Kelapa Sawit yang Digadang-gadang Manfaatnya. Dapatkan update industri kelapa sawit Indonesia dengan akses artikel di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin