Diterbitkan 10 Jun 2024

Ternyata Tidak Sulit Untuk Mempelajari Penggunaan Pupuk Boron. Coba Klik Lebih Lanjut!

Agri Edu
Penggunaan Pupuk Boron

Boron (B) merupakan salah satu unsur hara mikro yang berguna untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang tanaman. Unsur ini dapat menstimulasi pertumbuhan tanaman, meningkatkan aktivitas berbagai jenis mikroorganisme tanah, hingga membantu pembentukan karbohidrat dan protein melalui proses fotosintesis.

Kebutuhan akan unsur boron dapat dicukupi dengan pemberian pupuk secara tepat. Hindari kelebihan atau kekurangan unsur ini karena dapat menyebabkan masalah pada tanaman, bahkan dapat menyebabkan keracunan hingga gagal berbuah. Nah, seperti apa kegunaan pupuk boron bagi tanaman secara umum? Simak artikel berikut ini.

Kegunaan Pupuk Boron

Pupuk boron banyak digunakan pada tanaman perkebunan, sayuran, hingga buah-buahan. Berikut adalah kegunaan pupuk boron yang perlu kamu tahu.

  • Menyediakan asupan unsur boron yang siap diserap tanaman (B2O3) yakni hingga sekitar 47%.
  • Mengoptimalkan populasi dan  memaksimalkan aktivitas yang dilakukan oleh mikroorganisme tanah.
  • Meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman sehingga meningkatkan mutu hasil tanaman.
  • Menjaga tanah, air permukaan, dan air tanah dari kontaminasi zat berbahaya karena pupuk telah dimurnikan dari bahan pengotor seperti Cd, Pb, dan Hg.

Apa yang Terjadi Jika Tanaman Kelebihan atau Kekurangan Unsur Boron?

Meski memiliki banyak manfaat, penggunaan pupuk boron harus tepat dosis dan tepat sasaran. Apabila tanaman kekurangan unsur ini, maka pertumbuhan pucuk-pucuk tanaman akan berhenti dan mati. Bahkan, daun yang masih muda akan berubah warna menjadi hijau pucat dimana bagian akar tidak dapat tumbuh secara normal.

Lebih dari itu, tanaman yang kekurangan unsur boron juga memiliki batang yang kaku. Bagian akar, ubi, maupun buah juga bisa mengalami busuk keropos. Terlebih jika kondisi kekurangan unsur ini sudah sangat parah, tanaman bahkan akan mengalami gagal berbuah. 

Sementara itu, kelebihan unsur boron akan menyebabkan tanaman mengalami depresi fisiologis, kerusakan pada protoplasma, serta keracunan. Namun, akibat tersebut tidak hanya disebabkan oleh jumlah unsur Boron yang tinggi, melainkan juga dipengaruhi oleh jenis tanah, tipe tanah, dan varietas tanaman. 

Dosis Anjuran Penggunaan Pupuk Boron

Sebagai upaya menghindari kelebihan dan kekurangan unsur boron, maka kamu perlu mengetahui seberapa banyak dosis penggunaan pupuk boron di tiap tanaman yang dianjurkan. 

  • Kelapa sawit: 10-15 kg/ha
  • Jagung: 4-6 kg/ha
  • Tembakau: 4-5 kg/ha
  • Padi: 5-8 kg/ha
  • Cabai dan tomat: 8-10 kg/ha
  • Kapas: 8-10 kg/ha
  • Kakao: 10-15 kg/ha
  • Palawija: 5-8 kg/ha
Sumber: iStock

Produk Pupuk Boron di Pasaran

a. Pupuk BORATE 48 Cap Tawon

Pupuk BORATE 48 Cap Tawon merupakan salah satu pupuk mikro yang mengandung bahan aktif utama Boron (B) 45,5%. Jenis pupuk ini juga dilengkapi dengan bahan aktif Borate 48 serta unsur lain, seperti Nitrogen (N) 0,5% dan Kalium (K2O) 2%.

Pupuk Borate 48 mampu memberikan hasil maksimal untuk panen dengan meningkatkan kualitas perkembangan hasil tanaman. Penggunaan pupuk ini mampu menyembuhkan dan mengatasi gejala-gejala tanaman yang kekurangan unsur boron sehingga banyak digunakan oleh para petani.  

b. Pupuk INABOR 10 

INABOR 10 juga merupakan produk pupuk yang mengandung hara mikro esensial Boron (B) yang sangat dibutuhkan tanaman. Pupuk ini terdiri dari Boron (B203): 46 % dan Nitrogen (N) : 0,4 %. 

Pupuk INABOR 10 biasa digunakan pada tanaman hortikultura, seperti melon, semangka, cabai, dan tomat. Selain itu, pupuk ini juga baik untuk tanaman pangan, seperti padi dan jagung. Untuk penggunaannya, kamu bisa menyemprotkan pupuk ke seluruh bagian tanaman, terutama di bagian bawah daun (stomata).

3. Neo Vitaboron

Neo Vitaboron adalah pupuk kristal dengan kandungan B2O3 sebanyak 55% atau 17% Boron (B). Pupuk ini tidak mengandung klor dan logam berat sehingga aman untuk pertumbuhan tanaman dan lahan. Neo Vitaboron dapat diaplikasikan pada daun dan kanopi pada tanaman. Kamu bisa mencampur pupuk ini bersama pestisida yang bersifat sinergi atau mencampurnya dengan air sebanyak 3 gram/liter. Penggunaan yang tepat akan memperbaiki pembentukan buah dan meningkatkan produktivitas.

Demikian informasi seputar pupuk boron beserta kegunaan dan beberapa produk yang tersedia di pasaran. Jika kamu tertarik membeli produk-produk tersebut, kamu bisa langsung mengunjungi beberapa cabang GokoMart yang ada di GokoMart Bodok, GokoMart Muara Telang, dan GokoMart Nanga Tayap. Baca juga artikel Cara Mudah Hapal Fungsi Pupuk Boron, Mari Cek Artikel Di Bawah Inil di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.