Diterbitkan 7 Nov 2023

Tips Usaha Agrikultur Bagi Pemula Untuk Menjalankan Bisnis

Tips / Tutorial
Tips usaha agrikultur

Sebagai negara yang ditopang dengan aktivitas agrikultur, sudah saatnya usaha agrikultur di Indonesia juga mulai bangkit kembali. Usaha agrikultur yang biasa dijumpai seperti berdagang sayur dipasar, menjual ikan di pasar, dan masih banyak lagi. Namun, semenjak pandemi COVID-19 menyerang, mulai banyak bermunculan usaha di bidang agrikultur secara online. Adanya usaha agrikultur karena mengingat pangan merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi meskipun terdapat pembatasan aktivitas. Apa saja ya peluang usaha di bidang agrikultur? 

Sumber: Business Insider Africa

Beragam Usaha Bidang Agrikultur

Agrikultur merupakan sektor yang mengampu kebutuhan pangan nasional dan keberadaannya sangat penting. Usaha di bidang agrikultur menjanjikan karena akan selalu ada permintaan untuk kebutuhan pangan. Lalu, apa saja ragam usaha bidang agrikultur yang bisa dilakukan?

a. Produksi Pangan Organik

Jika produksi pertanian biasanya menggunakan bahan kimia untuk perawatannya, mungkin peluang untuk membuat produksi pangan organik. Produk organik kini banyak diminati lantaran dalam produksinya hampir tidak menggunakan campuran bahan kimia, baik itu pestisida maupun pupuk.

Selain itu, produk organik banyak peminat karena lebih sehat dibandingkan produk pertanian biasanya. Cari tahu lebih tentang sayur dan buah organik pada Cara Mengenali Sayur dan Buah Organik dengan Kasat Mata!

b. Florist

Sumber: Pexels

Bisnis florist atau karangan bunga memang banyak dinikmati oleh semua kalangan. Pasar bisnis florist diantaranya acara wisuda, dekorasi pernikahan atau perayaan lainnya, pemakaman, dan tanda perayaan lainnya. Selama ini banyak florist yang langsung membeli bunga pada petani. Padahal, jika mampu menanam sendiri keuntungannya jauh lebih banyak, lho!

c. Industri pengolahan hasil perikanan

Sebagai negara yang memiliki wilayah perairan yang luas, tentu saja Indnesian memilki hasil maritim yang banyak. Saat ini sudah banyak produk olahan ikan yang diolah oleh UMKM maupun perusahaan besar. Produk luaran dari pengolahan ikan biasanya berupa ikan asin, kerupuk ikan, ikan asap, otak-otak, nugget, suki, minyak ikan, dan masih produk ikan lainnya. 

Tips Memulai Usaha di Bidang Agrikultur

Agar setiap langkah memulai usaha berjalan dengan baik, sebaiknya simak beberapa tips berikut:

  1. Tentukan apa yang ingin dijual

Subsektor agrikultur ada banyak dan semuanya dapat dijadikan peluang usaha. Mengetahui apa yang dijual akan memudahkan untuk fokus membudidayakan beberapa jenis tanaman maupun hewan.

  1. Harus tahu apa yang dijual

Product knowledge itu sangat penting, ya. Alangkah baiknya menguasai produk yang dijual agar memudahkan untuk promosi dan pengembangan produk di masa yang akan datang. Selain itu, dengan mempelajari produk yang dijual maka akan memudahkan untuk melakukan perawatannya. 

  1. Pikirkan tempat produksi dan usaha

Setelah mengetahui produk yang dijual dan bagaimana produksinya, sudah saatnya memikirkan untuk tempat produksi maupun tempat usaha. Bisa saja kamu memerlukan lahan untuk bercocok tanam atau mendirikan industri rumahan untuk mengolah hasil panen menjadi produk yang siap edar.

  1. Tentukan model dan rencana usaha
Sumber: Pinterest

Semua bidang usaha tentunya harus mempunyai model dan rencana usaha yang matang. Tanpa adanya dua hal tersebut, usaha akan sulit karena tidak memilki arah dan tujuan. Rencana yang dibuat haruslah rencana jangka panjang tentunya yang masih sesuai dengan model bisnis yang dikehendaki

  1. Modal

Riset itu penting, punya modal jauh lebih penting. Tanpa modal, akan kesulitan untuk membuat usaha. Modal bisa didapatkan mulai dari meminjam uang di bank maupun ikut serta dalam pendanaan pemerintah maupun dari sektor non-pemerintah.
Itulah ragam dan tips memulai usaha di bidang agrikultur. Menjadi Mitra Gokomodo juga termasuk dalam udaha bidang agrikultur. Tunggu apalagi? Segera daftar menjadi Mitra Gokomodo ya! Pantau terus informasi seputar agribisnis lainnya hanya di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin