Diterbitkan 23 Jan 2024

10 Produk Insektisida Sistemik untuk Ulat yang Bisa Kamu Coba!

Agri Edu
Insektisida sistemik untuk ulat

Ulat menjadi salah satu hama pertanian yang sangat merugikan. Mereka dapat menghabiskan daun tanaman dengan sangat cepat sehingga membuat produktivitas pertanian menurun. Bahkan, dalam kondisi yang sangat parah, hama ulat bisa menyebabkan terjadinya gagal panen.

Sebagai upaya pengendalian, kamu bisa menggunakan insektisida sistemik untuk ulat. Penggunaan bahan ini dinilai sangat ampuh karena akan membunuh ulat dalam waktu yang relatif singkat. Nah, kali ini Gokomodo akan memberikan daftar insektisida sistemik yang bisa kamu gunakan!

Daftar Insektisida untuk Ulat Terbaik

1. Apronil 50 SC

Produk pertama yang bisa kamu gunakan adalah Apronil 50 SC. Jenis insektisida ini bekerja secara sistemik racun kontak dan jaringan yang mengandung bahan aktif fipronil 50 g/l. Produk ini sangat mudah diaplikasikan karena berbentuk pekatan suspensi.

2. Balistic 50 SC

Berikutnya ada Balistic 50 SC, yakni insektisida sistemik yang mengandung bahan aktif fipronil 50 g/l. Sama dengan Apronil 50 SC, produk ini juga berfungsi sebagai insektisida sistemik racun kontak dan lambung yang berbentuk suspensi dengan warna putih.

3. Virtako 300 SC

Selanjutnya adalah Virtako 300 SC, insektisida sistemik berwarna putih kecoklatan dari Syngenta yang dapat diandalkan. Produk ini sangat ampuh untuk mengatasi hama ulat penggerek batang (sundep) pada tanaman padi – Sundep dan Beluk: Serangan Hama Penggerek Batang Padi yang Merugikan Petani. Agar hasil optimal, gunakan dosis 1 tangki per tutup botol atau 15 ml per 14 liter air. 

4. Hokitan 500 SL

Hokitan 500 SL merupakan produk insektisida sistemik untuk ulat berbentuk cair yang mengandung bahan aktif 500 g/l dimehipo. Produk ini dinilai ampuh karena bekerja secara racun kontak dan lambung.

5. Panzer 290 SL

Selanjutnya ada Panzer 290 SL, jenis insektisida sistemik untuk ulat yang mengandung bahan aktif 290 g/l bisultap. Produk ini berbentuk cair dengan warna biru yang bekerja sebagai racun kontak dan lambung untuk mengendalikan hama ulat penggerek batang.

6. Regent 50 SC

Regent 50 SC merupakan jenis insektisida sistemik yang bekerja sebagai racun kontak dan lambung. Tak hanya itu, produk ini juga  dilengkapi dengan fungsi sebagai zat pengatur pertumbuhan tanaman. Adapun bahan aktif yang ada pada produk ini yaitu fipronil sebesar 50 g/l yang berbentuk pekatan suspensi.

7. Joki 400 SL

Joki 400 SL juga sangat ampuh digunakan sebagai insektisida untuk ulat. Dengan bahan aktif berupa 400 g/l dimehipo, produk insektisida satu ini akan bekerja secara sistemik sebagai racun kontak dan lambung. Cara aplikasinya juga mudah karena produk ini berbentuk larutan dalam air.

8. Respect 200 EC

Respect 200 EC dapat menjadi pilihan tepat jika kamu membutuhkan insektisida sistemik untuk ulat yang berkualitas. Produk ini memiliki bahan aktif 200 g/l karbosulfan berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan. Respect 200 EC juga berfungsi sebagai racun kontak dan racun lambung.  

9. Spontanking 400 SL

Berikutnya ada spontanking 400 SL yang memiliki bahan aktif berupa monosultap 400 g/l. Produk insektisida sistemik ini bekerja sebagai racun kontak dan lambung yang memiliki bentuk larutan dalam air.

10. Taurus 200 EC

Produk terakhir yang bisa kamu coba adalah Taurus 200 EC. Produk insektisida ini memiliki bahan aktif berupa karbosulfan 200 gl dengan bentuk pekatan yang bisa diemulsikan. Taurus 200 EC juga berfungsi sebagai racun kontak dan racun lambung.

Itu dia 10 produk insektisida sistemik untuk ulat yang bisa kamu pilih untuk melindungi tanaman milikmu. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan tanaman dan aplikasikan sesuai dengan dosis yang dibutuhkan agar mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin