Diterbitkan 21 Feb 2023

4 Cara Mengatasi Tanah Masam di Kebunmu

Tips / Tutorial

Tanah memiliki tiga jenis sifat, yaitu sifat fisik, sifat kimiawi, dan sifat biologis. Sifat-sifat tersebut merupakan faktor yang dapat memengaruhi kesuburan, pertumbuhan, dan produksi tanaman. Salah satu sifat kimia tanah yang sering menyebabkan masalah kesuburan dan mengganggu petani adalah tanah yang masam.

Tanah yang ada di Indonesia umumnya memiliki tingkat keasaman (pH) 6-7. Kondisi tanah yang masam (pH < 6) mempengaruhi pertumbuhan tanaman seperti penyerapan unsur hara serta deteksi perkembangan mikroorganisme dan racun dalam tanah. Penyebab tanah masam antara lain curah hujan dan kandungan tanah liat yang tinggi. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi tanah yang masam.

Pemberian kapur

Pemberian kapur yang bersifat basa akan mengatasi sifat tanah yang masam dengan cara menurunkan kadar keracunan aluminium. Jenis kapur yang digunakan untuk mengatasi tanah masam seperti kapur tohor (caO), kalsit (CaCO3), atau dolomit (CaMg(CO3)2). Kapur diberikan sebanding dengan tingkat keasaman tanah dan dapat diberikan sebelum maupun sesudah penanaman.

Pemberian pupuk phospat

Kekurangan zat kimia tertentu juga bisa menyebabkan tanah bersifat masam, salah satunya kekurangan zat fosfor (P). Pemberian pupuk phospat dengan kadar tinggi dapat mengurangi tingkat masam pada tanah. Disarankan pemberian pupuk phospat yang mudah larut dalam air, sehingga sebagian besar phospat bisa difiksasi oleh zat alumunium (Al) dan zat besi (Fe).

Pemberian pengurai dan pupuk organik lainnya

Pemberian zat organik dipercaya bisa meningkatkan kesuburan tanah, meningkatkan agregasi tanah, memperbaiki aerasi dan perkolasi, serta mempermudah pengolahan tanah. Sebaiknya pemberian pupuk organik juga diimbangi dengan tambahan mikroorganisme untuk mempercepat proses penguraian pupuk organik. 

Penerapan sistem tanam

Sistem tanam diterapkan untuk mempertahankan kesuburan tanah dengan cara membiarkan semak belukar tumbuh di atas lahan sementara. Semakin banyak tanaman yang tumbuh, maka banyak pula zat hara yang terkandung pada tanah. Cara ini sering dilakukan oleh petani untuk mempertahankan kesuburan tanah agar tetap subur saat ditanami padi. 

Nah, itulah tips untuk menanggulangi masalah kesuburan karena tanah yang terlalu masam. Gokomodo juga menyediakan pupuk untuk membantu kesuburan tanamanmu. Kunjungi website Gokomodo untuk informasi lebih lengkap!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.