Diterbitkan 14 Aug 2023

5 Cara Konsumsi Buah yang Benar

Lifestyle
konsumsi buah

Buah-buahan menjadi makanan yang harus ada dalam Isi Piringku. Agar kandungan dalam buah tidak berkurang, sebaiknya buah dimakan langsung tanpa menggunakan tambahan bahan lain. Tentu saja dengan makan buah secara langsung akan membosankan. Umumnya buah dikonsumsi sebagai jus, smoothies, dan masih banyak lagi. Namun, apakah cara mengkonsumsi buah seperti itu sudah benar?

Cara konsumsi buah yang benar

Buah merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Sama halnya seperti sayur, salah mengolah buah mengakibatkan banyak nutrisi yang hilang. Supaya nutrisinya tetap terjaga, perhatikan cara mengkonsumsi buah dengan benar.

  1. Makan buah secara langsung

Memang Makan Buah Lebih Sehat dengan Menggunakan Tangan secara langsung karena banyak enzim dan bakteri baik yang akan terlibat dalam proses pencernaan. Selain itu, memakan buah secara langsung dan cepat bisa meminimalisir hilangnya kandungan vitamin. Nah, mengolah buah menjadi makanan atau minuman lain tentunya membuat konsumsi buah akan semakin lama sehingga nutrisi dalam buah tersisa sedikit.

  1. Minum ampas jus buah

Jika malas untuk membuat jus sendiri di rumah, membelinya adalah sebuah alternatif. Mayoritas penjual jus buah banyak menambahkan air saat memblender buah dan menyaringnya agar mendapatkan airnya. Padahal cara ini harus dihindari. Jika diambil airnya saja, maka nutrisinya tidak sebanyak apabila ampas buah juga disajikan. Ampas buah juga kaya serat yang baik untuk pencernaan. 

  1. Jangan menambah pemanis

Selain menambahkan air, pemanis juga sangat sering ditambahkan pada jus karena rasa buah yang kurang. Rasa alami jus akan terasa apabila tidak menambahkan terlalu banyak air. Pemanis yang biasa digunakan yaitu gula, susu kental manis, bahkan keduanya. Terlalu banyak pemanis dapat menyebabkan gula darah tinggi dan resiko obesitas juga meningkat.

  1. Makan buah dengan kulitnya

Tidak semua buah harus dikupas sebelum dimakan. Beberapa buah lebih baik dikonsumsi bersama dengan kulitnya, seperti buah apel, buah pear, dan masih banyak lagi. Kulit buah menjadi tempat menempelnya pestisida tanaman, pastikan untuk mencuci bersih buah sebelum dimakan, ya.

  1. Makan buah yang sudah matang

Untuk yang suka rasa masam, mungkin mengkonsumsi buah sebelum matang bisa menjadi pilihan. Namun, sebaiknya buah dikonsumsi ketika sudah matang karena kandungan gizinya jauh lebih baik dari pada buah yang belum terlalu matang. 

Nah, itulah cara yang benar untuk mengkonsumsi buah. Kamu bisa membenarkan cara mengkonsumsi buah agar tubuhmu merasakan manfaat nutrisinya. Ingin meningkatkan kesehatan dan daya tubuh? Jangan lewatkan tips-tips menarik seputar kesehatan lainnya di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin