Diterbitkan 26 Jun 2023

5 Cara Mudah Atasi Laptop Hang

Teknologi

Seringnya penggunaan laptop rentan dengan gangguan-gangguan yang sering terjadi, misalnya laptop hang hingga menyebabkan kerusakan. Lantas, apa itu laptop hang? Laptop hang adalah kondisi laptop tidak bisa digunakan karena sistem terhenti. Hang pada laptop dipicu oleh RAM yang hampir penuh dan adanya virus pada laptop. Tenang, lemot pada laptop masih bisa diatasi dan bisa dicegah – Laptop Kamu Masih Lemot? Mungkin Cara Ini Bisa Membantu Loh!Jika sudah memasuki fase hang, kamu bisa mengatasinya dengan cara.

Cara mengatasi laptop hang atau freeze.

1. Cek sistem pada windows

Biasanya untuk mencegah hang kamu perlu melakukan End Task Window secara berkala untuk membersihkan RAM yang tidak terpakai dan mengecek Starting Windows. Starting Windows yang lama menandakan laptop sudah hang dan perlu dilakukan pindai anti virus, membersihkan fisik RAM, hingga memeriksa motherboard pada laptop. 

2. Beralih ke SSD

Jika sebelumnya kamu menggunakan HDD biasa dan ternyata membuat laptop hang, sebaiknya mempertimbangkan untuk beralih menggunakan SSD. SSD memiliki kemampuan membaca file dan data lebih cepat, sehingga aplikasi yang dijalankan juga bisa berjalan lebih cepat. Tipe SSD terbaik yang bisa kamu gunakan yaitu SSD SATA, M.2, dan M.2, NVMe. 

3. Tambah RAM

Fungsi RAM pada laptop yaitu tempat menyimpan data sementara dan bekerja hanya pada saat laptop menyala. Apabila aplikasi yang dijalankan banyak, maka RAM akan cepat penuh dan terjadi hang. Tambah memori RAM sesuai dengan. RAM memiliki beberapa jenis seperti SDRAM, DDR RAM, RD RAM, dan EDO RAM. 

4. Periksa kipas laptop

Kipas laptop digunakan untuk mengurangi panas pada laptop ketika beroperasi. Jika laptop bekerja terlalu berat, sangat mungkin kipas laptop bekerja terlalu keras dan apabila dibiarkan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan laptop hang. Oleh karena itu, seringlah bersihkan kotoran pada kipas laptop. 

5. Install antivirus

Sesuai dengan namanya, antivirus berfungsi untuk menghapus virus pada laptop. Adanya virus dapat menambah kerja sistem pada laptop sehingga bisa menyebabkan hang. Sekarang laptop sudah dilengkapi dengan Windows Defender sebagai antivirus resmi dari Windows. Tidak ada salahnya untuk menambah antivirus lainnya. 

Agar laptop tahan lama, sebisa mungkin hindari penyebab lemot dan hang, serta sering periksa dan lakukan pembaruan sistem laptop. Semoga tips dari Gokomodo bisa membantumu. Nantikan tips menarik lainnya melalui artikel di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin