Diterbitkan 5 Jan 2024

5 Tanaman Pengusir Hama Yang Ampuh dan Cocok Ditanam Dimana Saja

Agri Edu
Tanaman pengusir hama

Kamu pelaku budidaya pertanian? Sudah tidak asing dengan namanya hama bukan? Hama merupakan salah satu masalah yang ditemui ketika bercocok tanam. Hama perlu diberantas jika ingin mendapatkan pertumbuhan tanaman yang baik dan hasil panen yang melimpah. Oleh karena itu, pengendalian hama dapat dilakukan dengan cara menggunakan pestisida, predator alami, mekanis, bahkan tanaman pengusir hama.

Pengendalian hama kini sedang merujuk pada enomena “Back to Nature” yang memicu kecenderungan konsumen yang menghendaki produk-produk yang bebas dari bahan-bahan kimia. Hal tersebut mengharuskan para petani untuk mengurangai bahan kimia dalam proses produksi baik dalam penggunaan pestisida.

Penggunaan bahan kimia dapat dikurangi dengan meminimalisir kehadiran hama dengan menggunakan tanaman. Tanaman pengusir hama biasa disebut dengan tanaman refugia. Tanaman refugia ialah tanaman yang berfungsi sebagai habitat dari serangga musuh alami dan penarik hama tanaman. Simak apa saja tanaman pengusir hama yang dapat digunakan di lahan budidaya kamu!

Tanaman pengusir hama pilihan

a. Tanaman Kenikir

Kenikir adalah sayuran yang bisa dikonsumsi dan mampu menjadi pengusir hama. Kenikir dapat dipanen setelah disemai selama dua minggu dan ditanam di lahan selama enam minggu.

b. Tanaman Jengger Ayam

Di luar fungsi utamanya untuk menciptakan ekosistem predator hama, Jengger Ayam begitu sedap dipandang. Bunga warna-warni membuat persawahan jadi lebih ceria.

c. Bunga Matahari

Bunga matahari adalah salah satu tanaman refugia yang efektif untuk mengendalikan hama wereng pada tanaman padi. Tanaman bunga matahari dapat menarik predator yang memangsa wereng, thrips, aphids, tungau kepik, kutu putih dan lain-lain.

d. Bunga Tapak Dara

Bunga tapak dara memberikan kontribusi untuk konservasi musuh alami dan juga sebagai sumber nectar bagi musuh alami sebelum adanya polulasi hama di pertanaman.

e. Babadotan

Selama ini, daun babadotan dikenal sebagai gulma atau tanaman pengganggu yang pertumbuhannya sulit dikendalikan. Padahal, tanaman yang memiliki nama latin Ageratum conyzoides ini ternyata memiliki beragam manfaat untuk mencegah hama datang ke lahan

Tertarik menggunakan tanaman pengusir hama? Kamu bisa menggunakan salah satu tanaman diatas agar tanaman kamu bebas hama dan tentunya lebih mengurangi pestisida. Kamu bisa baca artikel lainnya – Gulma Kelapa Sawit: Macam dan Cara Penanganannya

whatsapp
twitter
facebook
linkedin