Diterbitkan 2 Aug 2023

6 Hama Bibit Sawit yang Perlu Diwaspadai

Agri Edu
hama bibit sawit

Serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) khususnya hama pada perkebunan kelapa sawit tidak hanya menyerang pada fase dewasa saja, melainkan juga pada fase pembibitan. 

Agar lebih waspada saat melakukan pembibitan kelapa sawit, simak informasi mengenai beberapa jenis hama sawit yang menyerang dan merusak bibit berikut ini. 

Hama Bibit Kelapa Sawit

1. Kumbang malam (Adoretus compressus)

Disebut kumbang malam karena hewan ini akan bersembunyi di dalam tanah pada siang hari dan mulai menyerang tanaman pada malam hari. Biasanya, kumbang malam akan menyerang bagian daun sehingga permukaan daun tampak berlubang-lubang.

2. Kumbang malam (Apogonia sp.)

Sebutan kumbang malam juga diberikan kepada Apogonia sp. karena mereka akan bersembunyi di siang hari dan menyerang di malam hari. Serangan kumbang ini seringkali pada bagian daun muda atau pucuk tanaman hingga ke titik tumbuh tanaman sawit.  

3. Ulat Grayak (Spodoptera litura)

Berikutnya ada ulat grayak dengan ciri-ciri berwarna coklat tua dan bercorak garis-garis halus putih kekuningan di bagian punggung. Ulat ini akan menyerang kulit ari daun dan membuat daun berlubang. Kemudian, ulat grayak akan meninggalkan kotoran di dekat lubang daun yang telah dibuat.

4. Kumbang tanduk (Oryctes rhinoceros)

Jenis kumbang lain yang seringkali menyerang bibit kelapa sawit adalah kumbang tanduk. Hama ini akan memakan bagian pucuk daun muda dan membuatnya kering dan rusak. Serangan hama ini bahkan bisa menyebabkan kematian karena titik tumbuh bagian pucuk terhenti.

5. Belalang Kayu (Valanga nigricornis)

Meski dikenal sebagai belalang kayu, namun hama ini menyerang bagian daun tanaman sawit. Mereka akan meninggalkan bekas gigitan pada tepi daun muda, sehingga membuat bibit rusak dan tentunya menghambat pertumbuhan tanaman.

6. Kumbang debu emas (Hypomeces squamosus)

Hama lain yang biasa menyerang bibit sawit adalah kumbang debu emas. Hama ini akan menyerang bagian daun tanaman kelapa sawit muda dengan merusak bagian tepi daun dan merobek tepian helai daun dengan ukuran yang cukup besar.

Setelah mengetahui apa saja hama kelapa sawit yang menyerang pada fase pembibitan, Penting Diketahui juga Tanda-Tanda Tanaman Kelapa Sawit Alami Defisiensi Unsur Hara. Nah, apabila kamu tertarik membaca artikel seputar kelapa sawit yang lebih banyak, kunjungi website Gokomodo, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin