Diterbitkan 26 Oct 2023

9 Manfaat Buah Alpukat dan Kandungan Nutrisinya

Lifestyle
manfaat buah alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditanam di Indonesia. Tingginya permintaan pasar terhadap buah ini tak lepas dari kandungan nutrisinya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, mengonsumsi buah alpukat secara cukup memang sangat dianjurkan.

Ada banyak manfaat buah alpukat yang perlu kamu ketahui. Selain itu, kandungan nutrisi buah bernama latin Persea americana ini juga penting disimak agar kamu merasa lebih yakin saat akan mengonsumsinya. Nah, kali ini Gokomodo akan membahas mengenai dua topik tersebut. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Kandungan Nutrisi dalam Buah Alpukat

Buah alpukat dikenal memiliki rasa dan tekstur yang khas sehingga menjadi primadona bagi beberapa orang. Namun tak hanya karena dua hal tersebut saja, rupanya buah yang satu ini juga mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh. 

Diketahui, salah satu kandungan utama buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalam buah ini dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

Lebih lanjut, buah yang memiliki warna hijau tua ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral, seperti vitamin E, vitamin K, vitamin C, vitamin B-6, Folat, Magnesium, dan Kalium. Kandungan vitamin dan mineral tersebut sangat baik bagi tubuh karena memiliki banyak peran, mulai dari membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, menjadi antioksidan, hingga menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah yang sehat.

Sumber: IStock

Manfaat Buah Alpukat bagi Organ Dalam

Setelah mengetahui apa saja kandungan nutrisi pada buah alpukat, selanjutnya adalah menyimak apa saja manfaat buah alpukat bagi kesehatan. Penasaran? Berikut penjelasan singkatnya! 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kandungan lemak sehat berupa lemak tak jenuh tunggal akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Adanya mekanisme ini akan mengurangi terjadinya risiko penyakit jantung maupun stroke.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan  

Kandungan serat pada buah alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat ini akan berperan dalam membantu mengatur gerakan usus, mencegah terjadinya sembelit, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan secara menyeluruh.

3. Kesehatan Tulang

Dalam upaya menjaga kesehatan tulang, kamu juga bisa rutin mengonsumsi buah alpukat. Kandungan vitamin K dalam buah ini akan membantu dalam menjaga kesehatan dan menguatkan tulang, mencegah risiko osteoporosis, serta menjaga pembekuan darah tetap normal.  

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat serat dalam buah alpukat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan mengurangi penyerapan glukosa dari makanan. Hal ini tentunya bermanfaat bagi penderita diabetes apabila ingin mengonsumsi buah-buahan tanpa rasa khawatir yang berlebihan.

Sumber: IStock

Manfaat Buah Alpukat bagi Sistem Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Kulit 

Buah alpukat juga dapat meningkatkan kelembapan kulit karena mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Bersama dengan lemak sehat, kandungan vitamin E tersebut juga akan meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan, serta melindungi kulit dari radikal bebas karena tinggi antioksidan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan nutrisi lain dari buah alpukat yang bermanfaat bagi kesehatan adalah karotenoid berupa lutein dan zeaxanthin. Keduanya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, dengan cara melindungi mata dari sinar UV dan mengurangi risiko penyakit mata karena usia.

3. Membantu Pembentukan Sistem Saraf pada Bayi 

Buah alpukat juga baik dalam membantu pembentukan sistem saraf pada bayi. Bahkan, kandungan lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3 pada buah ini juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak bayi saat berada di dalam kandungan. Tak heran, buah alpukat banyak digunakan para ibu ketika tiba masa MPASI untuk memenuhi kebutuhan lemak. 

4. Mengurangi Peradangan

Buah alpukat tidak hanya mengandung senyawa antioksidan, melainkan juga senyawa antiinflamasi. Senyawa inilah yang akan membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, melindungi tubuh dari penyakit inflamasi, dan membantu memperbaiki kerusakan sel karena peradangan kronis.

5. Meningkatkan Energi

Kandungan lemak sehat, serat, dan nutrisi penting lainnya dalam buah alpukat merupakan sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin, tubuh akan lebih berenergi dalam jangka waktu yang lama.

Itu dia 9 manfaat buah alpukat beserta kandungan nutrisinya. Baca juga 7 Buah Ini Mampu Bantu Tingkatkan Mood Kamu di website Gokomodo untuk menambah wawasanmu. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.