Diterbitkan 31 Oct 2023

Apa Saja Varietas yang Termasuk Bibit Sawit Unggul

Agri Edu
Bibit sawit unggul

Semakin berkembangnya industri kelapa sawit di Indonesia, semakin baik pula kualitas bahan tanam yang digunakan. Meski bahan tanam merupakan modal dasar dan utama untuk mendapatkan minyak sawit yang bermutu tinggi, namun rupanya biaya bahan tanam hanya sekitar 5 % dari total biaya produksi sampai tanaman menghasilkan.

Walaupun alokasi biaya yang relatif kecil, pemilihan benih tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, kesalahan dalam memilih benih sawit unggul akan berdampak sangat besar terhadap keberhasilan budidaya kelapa sawit dalam jangka panjang. Terlebih,  penggunaan benih yang tidak bermutu baik juga dapat mengakibatkan penurunan produktivitas hingga mencapai 50 %. 

Pemilihan Bibit Sawit Unggul

Guna menjamin tingkat produksi yang stabil dalam masa produktif sawit selama 25 tahun, maka kamu harus bisa memilih bahan tanam berupa bibit sawit unggul. Dengan penggunaan bibit terbaik, tanaman kelapa sawit akan menghasilkan tandan buah segar (TBS) dan minyak yang tinggi, sehingga industri kelapa sawit akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Sumber: MMC Kalteng

Proses untuk mendapatkan varietas unggul kelapa sawit membutuhkan waktu yang relatif lama karena melalui proses panjang untuk menjamin kualitas benih yang dihasilkan. Oleh karena itu, bibit kelapa sawit unggul harus berasal dari sumber benih yang resmi dan telah ditetapkan oleh pemerintah.

Adapun karakter unggul yang dimiliki varietas kelapa sawit bisa dilihat dari beberapa aspek. Pertama adalah mutu genetis (potensi hasil tinggi), kedua adalah mutu fisiologis (daya tumbuh), dan terakhir adalah mutu morfologis (keseragaman dan higienitas benih). 

Contoh Varietas termasuk Bibit Sawit Unggul

Sebagai contoh varietas bibit sawit unggul, tiga varietas kelapa sawit tersebut, yaitu: 

  1. Varietas D x P AAL Sejahtera,  merupakan hasil dari persilangan antara tetua dura Dabou terpilih dengan tetua pisifera Yangambi. Varietas ini telah dilepas berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 16/Kpts/KB.020/01/2021 pada tanggal 29 Januari 2021.
  2. Varietas D x P AAL Nirmala, merupakan hasil dari persilangan antara tetua dura Dabou terpilih dengan tetua pisifera La Mé x SP 540. Varietas ini telah dilepas berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 15/Kpts/KB.020/01/2021 pada tanggal 29 Januari 2021.
  3. Varietas D x P AAL Lestari, merupakan hasil dari persilangan antara tetua dura Dabou terpilih dengan tetua pisifera La Mé. Varietas ini telah dilepas berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 13/Kpts/KB.020/01/2021 pada tanggal 29 Januari 2021.

Keunggulan Tiga Varietas Bibit Sawit Unggul

Berdasarkan aspek mutu genetis, mutu fisiologis, dan mutu morfologisnya, ketiga varietas bibit sawit unggul tersebut memiliki banyak keunggulan. Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

1. Sifat Morfologi dan Fisiologi 

Tiga varietas sawit unggul memiliki keunggulan dalam hal pertumbuhan meninggi yang lambat. Hal ini tentunya sangat menguntungkan dalam proses pemanenan, sebab jika dilihat dari rata-rata pertumbuhan batang per tahun yang hanya 40 cm, maka pada saat umur tanaman 25 tahun tinggi maksimal tanaman diperkirakan hanya 10 meter.

Menariknya lagi, ketiga varietas unggul ini memiliki sex ratio atau perbandingan bunga betina dengan total bunga yang ada dinilai sudah cukup ideal. Dengan demikian, tanaman akan mampu melakukan penyerbukan secara alamiah di kebun, tanpa harus dibantu secara manual.

2. Karakteristik Buah

Tiga varietas bibit sawit unggul memiliki cangkang / tempurung yang tipis, yakni kurang dari 2 mm. Selain itu, daging buahnya (mesocarp) juga sangat tebal, jumlah tandan buah lebih banyak, dan rendemen minyaknya dapat mencapai diatas 23 %.

3. Potensi Hasil

Tiga varietas bibit sawit unggul dalam hal produksi dan produktivitas. Ketiganya mampu menghasilkan TBS mencapai 30 ton per hektar per tahun dengan produksi minyak (CPO) diatas 7 ton per hektar per tahun. 

Itu dia tiga varietas bibit sawit unggul yang ada di Indonesia. Selalu pilih bibit yang terbaik untuk mendapatkan hasil produksi yang stabil dan minyak sawit yang berkualitas tinggi. Baca juga 4 Manfaat Kelapa Sawit Paling Utama bagi Kehidupan Manusia di website Gokomodo untuk informasi menarik lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin