Diterbitkan 5 Jun 2023

Bingung Pilih Genset Open atau Genset Silent? Simak Lebih Lanjut Disini!

Teknologi
genset silent

Berbicara tentang genset, setidaknya ada dua tipe genset yang biasanya dijual di pasaran. Pertama adalah genset open atau genset tipe terbuka, dan kedua adalah genset silent atau genset tipe tertutup. Keduanya sama-sama memiliki performa yang apik, namun dengan kelebihan masing-masing.

Genset open

Pada genset open sangatlah berbeda dengan genset silent, produk tidak dilengkapi dengan kanopi. Hal ini karena genset tipe terbuka memang dirancang khusus untuk digunakan di dalam ruang maupun gedung kedap suara. Selain itu, kebanyakan pengguna yang memilih tipe ini juga telah menyediakan rumah genset tersendiri.

Genset open telah didesain dalam kondisi siap digunakan, sehingga pengguna bisa lebih mudah saat merawatnya. Genset tipe ini juga mudah untuk dibongkar pasang karena kondisinya yang terbuka. Adapun bagian-bagian seperti tangki solar, knalpot, dan panel pengatur juga sudah terpasang langsung pada bagian mesin dan tentunya mudah dipahami. 

Genset silent

Di sisi lain, genset silent dipasarkan lengkap dengan kanopi untuk melindungi mesin dari panas dan hujan. Adanya kanopi ini juga membuat suara yang dihasilkan mesin tidak menimbulkan kebisingan, sebab kanopi ini terbuat dari bahan plat besi yang dilapisi dengan busa peredam.

Kanopi pada genset biasanya memiliki desain khusus yang dilengkapi dengan pintu akses untuk memudahkan pengoperasian dan perawatannya. Pintu kanopi juga telah dilengkapi dengan kunci sehingga pengguna tidak perlu khawatir mengenai keamanan genset. 

Dari segi harga, genset tipe tertutup tentunya dibanderol lebih tinggi dibandingkan dengan genset tipe terbuka. Namun tak perlu khawatir, karena dari segi performa, keduanya sama-sama dapat digunakan dengan baik.

Terlepas dari pemilihan tipe genset, satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah penempatan genset. Kedua tipe genset tersebut sama-sama tidak bisa ditempatkan di ruangan tertutup tanpa adanya sirkulasi udara. Hal ini karena ruang kedap udara akan membuat genset mati karena kehabisan oksigen di dalam ruangan.

Itu dia sekilas informasi mengenai tipe-tipe genset yang bisa kamu pilih. Sebelum membelinya, pastikan kamu sudah mencari informasi lebih lanjut, seperti Mengetahui Sistem Kerja Mesin Genset dan menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. 

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan Genset Open apabila rumah atau kantor memiliki ruangan khusus, atau menggunakan Genset Silent jika tidak ada ruangan tersisa. Nah, jika kamu membutuhkan genset dalam waktu dekat, segera kunjungi website Gokomodo Corporate Commerce untuk survey dua tipe genset di atas dari berbagai merk yang tersedia!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.