Diterbitkan 12 Jul 2023

Cara Mengetahui Perbedaan Laptop Gaming dengan Laptop Biasa

Teknologi
laptop gaming

Kalangan masyarakat sudah mulai merasa bahwa game adalah suatu kebutuhan untuk kesenangan yang baik. Banyak masyarakat menghabiskan waktu untuk bermain game dan membuat konten seputar game hingga saat ini. Perkembangan minat masyarakat terhadap game turut berpengaruh pada tingginya permintaan terhadap laptop khusus game.

Berbagai kalangan memilih laptop gaming karena perangkat ini lebih praktis dan memiliki mobilitas tinggi dibandingkan dengan PC ataupun konsol game. Namun, saat ini banyak pedagang laptop di marketplace yang memberikan embel-embel laptop game yang padahal itu bisa saja menipu kita.

Sebagai konsumen, kita harus pandai dalam membedakan laptop gam dan laptop biasa. Yuk, simak artikel dibawah ini cara membedakan mana yang laptop khusus game dan mana yang bukan. Kamu juga bisa membaca artikel lainnya, loh! Ketahui 7 Manfaat Laptop Berikut Ini!

Perbedaan laptop gaming dengan laptop biasa

a. CPU

CPU yang digunakan di laptop khusus game mempunyai banyak jenis dan tipe. Jika ingin membeli laptop gaming, pastikan kalian membeli CPU generasi baru dengan seri yang bisa di-overclock. Kemudian, kalian juga bisa membeli laptop dengan iGPU yang terintegrasi dengan CPU.

b. GPU

Ketika ingin laptop gaming, perhatikan pula GPU yang dihadirkan. Pastikan memilih laptop dengan dedicated GPU, baik itu dari Nvidia ataupun AMD. Contoh dari dedicated GPU adalah Nvidia RTX 2000 Series, GTX 1000 Series, RTX 3000 Series, AMD Radeon RX 6000 Series, dll.

c. Sistem pendingin

Laptop secara umum mempunyai sistem pendingin. Namun, sistem pendingin laptop gaming berbeda. Laptop jenis ini mempunyai sistem pendingin yang lebih canggih untuk mengatur suhu laptop saat bekerja keras menjalankan game berat.

d. RAM dan SSD

RAM dan SSD pada laptop khusus game biasanya mempunyai transfer rate read/write yang lebih tinggi daripada RAM dan SSD pada laptop biasa. Pastikan kalian memahami jenis-jenis RAM dan SSD yang ada di laptop incaran untuk mengetahui kemampuannya.

e. Fitur pendukung

Ciri khas laptop gaming biasanya menggunakan keyboard backlight RGB untuk mendukung penampilan serta memudahkan pengguna saat bermain game dalam kondisi low-light. Kemudian, laptop jenis ini mempunyai monitor dengan refresh rates yang tinggi agar pengguna bisa menikmati tampilan game.

Semoga artikel diatas dapat membantu kamu ketika ingin membeli laptop khusus game untuk memainkan game kesukaan, ya! Kamu bisa membeli laptop gaming berkualitas di website gokomodo corporate commerce, loh!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin