Diterbitkan 2 Jun 2023

Cara Mudah Merawat Pipa di Musim Kemarau

Teknologi
merawat pipa

Pipa merupakan bagian penting dalam distribusi air dalam rumah. Penggunaannya yang sering dan intens pasti memerlukan perawatan yang rutin agar tetap baik kondisinya. Berbagai waktu dan musim, pipa akan selalu terpakai sebagaimana halnya pada musim kemarau. Musim kemarau merawat pipa tidak kalah penting. Apabila tidak dirawat pipa akan rusak akibat suhu tinggi, sinar UV matahari dan intensitas air yang menurun membuat struktur pipa menjadi kering.

Permasalahan yang diakibatkan oleh panas dan sinar UV akan membuat semua jenis produk pipa timbul permasalahan jika tidak diantisipasi dengan benar dan membuat usia pakai pipa tidak berlangsung lama. Menjaga saluran air bersih terawat dan memastikan saluran air berkeja dengan baik dan benar pada saat musim kemarau perlu dilakukan. Cara ini lebih hemat dibandingkan harus membeli pipa yang baru akibat pipa yang lama rusak bukan?

Tips merawat pipa pada saat musim kemarau:

a. Periksa saluran secara teratur 

Mengantisipasi dapat dimulai dengan hal yang kecil. Seperti halnya memeriksa apakah ada permasalahan penyumbatan, meski awalnya terasa sangat kecil, penumpukkan kotoran ditambah lingkungan yang kering akan berdampak pada penumpukkan.

b. Jangan Buang Bahan Kimia

Bahan baku pipa sangat mudah sekali bereaksi dengan bahan kimia. Seperti pipa PVC dan bahkan pipa HDPE, bisa bereaksi negatif jika terkena beberapa jenis bahan kimia, yang seharusnya tidak dibuang. Bahan kimia yang sering masuk pembuangan seperti pembersih toilet rumah tangga yang dapat merusak saluran pipa.

c. Hindari pipa dari paparan langsung sinar UV Matahari. 

Pipa yang terkena sinar matahari langsung akan berdampak yang luar biasa merusak. Kondisi ini membuat penurunan kualitas pipa, sehingga tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama.Hal ini dapat dicegah dengan menanam saluran pipa ke dalam tanah, atau menutupu bagian atas pipa, sehinga tidak terpapar secara langsung dengan sinar matahari.

d. Alirkan air secara rutin. 

Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban yang ada di dalam pipa. Iklim panas dengan lingkungan bersuhu tinggi akan membuat bagian pipa, terutama di dalamnya mengalami kerusakan akibat kekeringan. 

e. Menggunakan bahan isolasi.

Hal pencegahan yang dapat kamu lakukan agar tidak terkena sinar matahari langsung yaitu dengan memberikan bahan isolasi. Dalam kondisi lembab, proses pengeringan dapat diminimalisir, sehingga tidak berpotensi kerusakan, dan selain di dalam pipa, bahan isolasi UV dan panas biasa digunakan.

Berikut cara merawat pipa air saat musim kemarau. Apakah kamu tertarik artikel lainnya ? Berikut rekomendasi Gokomodo: Persiapan Sebelum Memasang Pipa Air. Tertarik membeli pipa air? Bisa langsung terjun di website Gokomodo Corporate Commerce, ya! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.