Diterbitkan 5 Jun 2024

Cara Tepat Menikmati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni

Event
Hari lingkungan hidup

Apakah kamu tahu tanggal 5 Juni di nobatkan sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day)? Hari ini dirayakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong upaya pelestarian lingkungan global. Peringatan hari besar sedunia ini dijadikan oleh PBB sebagai platform global terbesar untuk penjangkauan publik akan lingkungan yang baik dan bisa dirayakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. 

Sumber: Telisik

Sejarah hari lingkungan hidup sedunia

Tahun 1960-an negara maju dan berkembang mengalami krisis dan ancaman di seluruh penjuru dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia. Ancaman yang terjadi pada lingkungan berupa ledakan jumlah penduduk, integrasi yang tidak memadai dengan keperluan lingkungan, kerusakan lahan budidaya, pembangunan tidak berencana dari kawasan perkotaan, menghilangnya ruang terbuka. Hal ini menampilkan kondisi lingkungan pada 1960-an hingga 1970-an dinilai sangat memprihatinkan hingga menimbulkan kekhawatiran masyarakat dunia.

Beberapa alasan tersebut mendorong negara-negara di dunia melalui PBB melaksanakan konferensi terkait lingkungan hidup di Stockholm, Swedia, pada tanggal 5 sampai 16 Juni 1972. Negara yang menjadi pengusul pertama diadakannya Hari Lingkungan Sedunia antara lain Jepang dan Senegal. Setelah melakukan diskusi yang panjang, konferensi PBB tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan terkait kondisi lingkungan. 

Cara merayakan hari lingkungan hidup sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia memiliki makna yang dalam terhadap kesadaran individu agar mampu mengambil tindakan yang baik demi kehidupan Bumi. Kegiatan yang dilakukan meliputi:

  • Demonstrasi jalanan untuk memberitahukan informasi hari lingkungan sedunia.
  • Konser amal untuk membantu memperbaiki lingkungan.
  • Penanaman pohon di sekitar rumah dan lahan,
  • Kampanye pembersihan bersama tetangga dan organisasi sekitar.

Hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan kehidupan yang ramah lingkungan. Jadi bagi kamu yang ingin berkontribusi untuk bumi jangan ragu lagi, karena banyak kegiatan yang bisa kamu pilih.

Demikian informasi terkait Hari lingkungan hidup sedunia. Segera kunjungi website Gokomodo dan temukan informasi lainnya seputar – Mengenal Jenis Kopi Di Perkebunan Kopi Indonesia. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.