Diterbitkan 18 Sep 2024

Cari Pupuk Durian? Inilah Pilihan yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Tanaman Kamu

Agri Edu
Pupuk Durian

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa ada banyak orang doyan makan durian padahal baunya tidak sedap? Orang yang menyukai durian sangat menyukai rasanya. Daging buah durian biasanya tebal dengan campuran rasa manis, gurih, dan sedikit pahit. Jika kamu belum pernah makan durian, rasanya mirip dengan perpaduan bawang, karamel, dan kacang almond. Memang perpaduan rasa yang aneh, tetapi masih banyak orang yang suka, lho. Kira-kira apa sih yang membuat rasa durian begitu unik?

Sumber: Pexels

Selain keunikan yang ada pada buah durian, ada salah satu faktor penentu rasa dan kualitas buah, yaitu pupuk. Untuk itu, pemupukan tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan sebaiknya menggunakan pupuk khusus. Nah, kali ini Gokomodo akan bahas tentang tahapan pemberian pupuk durian serta rekomendasi pupuknya berikut ini.

Tahapan Pemberian Pupuk Durian

Ada banyak cara pemberian pupuk ke tanaman, salah satunya pemberian berdasarkan fase tumbuhnya. Inilah beberapa fase pemberian pupuk durian berdasarkan fase tumbuhnya.

  • Pemupukan dasar

Pemupukan dasar dilakukan agar nutrisi unsur hara pada tanaman terpenuhi dari awal masa pertumbuhan durian. Pada pemupukan dasar, unsur nitrogen banyak dibutuhkan, kemudian disusul dengan pemberian unsur fosfat dan kalium dalam jumlah yang banyak pula. Pupuk yang bisa digunakan saat pemupukan dasar yaitu pupuk NPK.

  • Pemupukan Tanaman Belum Menghasilkan (TBM)

Fase TBM termasuk fase vegetatif pada pertumbuhan durian. Pada fase ini unsur nitrogen masih diperlukan. Ada juga unsur hara yang penting untuk diberikan pada fase ini yaitu fosfat. Fosfat memegang kunci perkembangan akar dan batang serta pembentukan energi bagi tanaman. Pemupukan pada fase TBM dapat dilakukan selama 1 tahun, 2 tahun, hingga 3 tahun.

  • Pemupukan Fase Tanaman Menghasilkan (TM)

Tanaman menghasilkan disebut sudah memasuki fase generatif. Pada masa ini unsur hara yang dibutuhkan fokus untuk pertumbuhan generatif. Untuk itu, pupuk dengan kandungan kalium tinggi sangat dibutuhkan agar menghasilkan buah yang banyak dan lebat. Pemberian pupuk durian pada fase TM dilakukan hingga empat kali, ya. 

Tiga tahapan pemupukan menggunakan pupuk yang dibenamkan dalam tanah. Selain ketiga pupuk di atas, tanaman ini juga memerlukan pupuk daun. Pupuk daun membantu mengoptimalkan hasil panen dengan cara menambahkan unsur kalium dan fosfat. Pemberian pupuk melalui daun juga lebih mudah diserap oleh tanaman melalui daun, karena daun menjadi tempat untuk memasak makanan pada tanaman. 

Rekomendasi Pupuk Durian untuk Buah Berkualitas

Sudah tahu kan kapan saja waktu yang baik untuk melakukan pemupukan? Pemupukan sesuai dengan waktunya dapat mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Salah satu hal terpenting dalam pemberian pupuk kepada tanaman yaitu jenis pupuk yang digunakan. Agar durian yang dihasilkan enak dan berkualitas, sebaiknya gunakan pupuk rekomendasi Gokomodo berikut ini.

Fast Boost Booster Durian

Pupuk Fast Boost Booster Durian merupakan pupuk organik khusus meningkatkan kualitas buah durian. Manfaat lain dari penggunaan pupuk Fast Boost Booster antara lain:

  • Membuat pertumbuhan bunga dan buah lebih seragam.
  • Merangsang pertumbuhan diluar musim panen.
  • Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap stress.
  • Mengoptimalkan proses fotosintesis.
  • Merangsang perkembangan akar.

Penggunaan pupuk Fast Boost Booster Durian relatif mudah. Cukup larutkan 1 botol pupuk Fast Boost Booster Durian dengan 5 liter air. Larutan pupuk dapat disiramkan atau disemprotkan pada tanaman. Pemberian pupuk ini sebaiknya satu kali dalam sebulan.

Pupuk MKP Cair

Pupuk MKP (mono kalium phosphate) mengandung kalium dan fosfat yang berperan penting dalam proses pembuahan. MKP juga tersedia dalam sediaan padat maupun cair. Nah, pemberian MKP pada durian dengan tujuan:

  • Mempercepat pertumbuhan daun dan batang.
  • Mencegah layu dan rontok pada bunga dan buah.
  • Meningkatkan hasil panen, baik secara kualitas maupun kuantitas.
  • Menambah daya tahan tanaman terhadap penyakit dan hama

Pupuk MKP dengan sediaan cair bisa diberikan pada durian. Gunakan 2-4 sendok makan pupuk MKP durian untuk 1 tangki semprot

Pupuk SK-Cote

Masih asing ya denga pupuk jenis ini? Pupuk SK-Cote merupakan pupuk yang diformulasikan khusus durian. Pupuk SK-Cote unggul dengan teknologi slow release sehingga lebih hemat dalam penggunaannya. Sudah tahu tentang apa itu pupuk slow release? Baca artikel Pupuk Slow Release: Pupuk Hemat dan Ramah Lingkungan, yuk!

Pupuk SK-Cote terdiri dari 19% nitrogen, 10% fosfat, 13% kalium, 2.5% magnesium, dan ditambah lagi dengan unsur hara mikro. Penggunaan pupuk SK-Cote bertujuan untuk:

  • Mempercepat pertumbuhan daun
  • Mempertahankan kadar nitrogen tanah.
  • Unsur hara bertahan lama pada tanaman dan tidak mudah tercuci dengan air. 

Penggunaan pupuk SK-Cote untuk durian sebanyak 200 gram /pohon dengan cara ditaburkan sesuai dengan lingkat tajug daun. Sebaiknya pupuk ini diberikan saat durian berusia 0-3 tahun. Sekarang kamu sudah paham nih tahapan pemupukan dan jenis pupuk apa saja yang perlu kamu gunakan. Semoga saja dengan artikel ini, durian dapat berbuah besar, lebat, dan yang paling penting rasanya enak. Yuk, simak tips dan rekomendasi pupuk tanaman lainnya hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin