Diterbitkan 27 Sep 2023

Cari Tahu Perusahaan yang Memiliki Perkebunan Sawit Terbesar di Dunia!

News
Perkebunan sawit terbesar

Mayoritas minyak kelapa sawit dunia dihasilkan oleh negara-negara tropis seperti Indonesia dan Malaysia. Agar minyak kelapa sawit dapat dikonsumsi tentunya memerlukan pengolahan yang hanya dapat dilakukan oleh beberapa industri kelapa sawit di dunia. Menariknya, perkebunan kelapa sawit terbesar dan industrinya tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Berikut adalah beberapa perusahaan yang memiliki perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia.

Cargill Incorporated Menduduki Peringkat Pertama Perkebunan Sawit Terbesar di Dunia

Sumber: www.cargill.co.id

Cargill Incorporated merupakan perusahaan yang bergerak pada produksi makanan asal Amerika Serikat dan juga bergerak pada industri kelapa sawit. Perusahaan Cargill memilki perkebunan kelapa sawit yang tersebar di 10 negara dan memilki 22.000 anak perusahaan, termasuk di Indonesia. Cargill Incorporated juga memiliki anak perusahaan di Indonesia yaitu PT Hindoli Cargill Indonesia yang berada di Sumatera Selatan.

PT Hindoli Cargill Indonesia juga mendapatkan predikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), International Carbon Certification (ICC), dan skema Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) – Mengenal ISPO: Sertifikasi Perusahaan Kelapa Sawit Lokal yang Diakui Pasar Internasional. Beberapa anak perusahaan Cargill Incorporated yang berada di Indonesia antara lain PT Harapan Sawit Lestari, PT Indo Sawit Kekal, dan Poliplant Group. Seluruh anak perusahaan Cargill Incorporated memilki perkebunan kelapa sawit seluas 80.000 hektar dan berhasil mempekerjakan 18.000 warga lokal.

Tidak hanya membentuk anak perusahaan, Cargill Incorporated juga bekerjasama dengan 21.000 petani kecil untuk memproduksi CPO yang berkelanjutan, meningkatkan nilai guna lahan, meningkatkan kualitas serta kuantitas tanaman, dan memperkenalkan cara kerja yang efektif dan aman. 

Perkebunan Sawit Wilmar Internasional Termasuk yang Terbesar di Dunia

Sumber: www.wilmar-international.com/

Wilmar Internasional, perusahaan multinasional berbasis industri kelapa sawit asal Singapura, menjadi pemilik perkebunan kelapa sawit terbesar di Dunia. Bagaimana tidak, perkebunan sawit milik Wilmar Internasional tersebar di Indonesia dan Malaysia dengan total luas 231,697 hektar. Dari luas tersebut, 65% perkebunan sawit berada di Indonesia, 26% di Malaysia Timur, dan 9% berada di Afrika.

Perkebunan sawit milik Wilmar Internasional di Indonesia terletak di Sumarera, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Wilmar Internasional juga memilki beberapa anak perusahaan di Indonesia, salah satunya PT WIlmar Nabati Indonesia, yang mengelola 167.999 hektar luas perkebunan kelapa sawit. 

Perkebunan Sawit Terbesar Milik Kuala Lumpur Kepong

Kuala Lumpur Kepong merupakan salah satu perusahaan industri kelapa sawit yang menduduki peringkat ke-4 dunia sebagai perusahaan kelapa sawit berdasarkan nilai kapitalisasi pasar. Luas lahan perkebunan kelapa sawit milik KLK secara keseluruhan yaitu 300.000 hektar yang tersebar di Indonesia (Kep. Bangka Belitung, Sumatera, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan timur), Malaysia (Semenanjung Melayu dan Sabah), serta Liberia. Dari jumlah luas perkebunan kelapa sawit tersebut, Indonesia menyumbang lahannya sebanyak 42% dan menjadi yang terluas diantara perkebunan kelapa sawit milik Kuala Lumpur Kepong. 

Selain Perusahaan Multinasional, Negara Ini Juga Memilki Perkebunan Sawit Terbesar di Dunia

Perkebunan kelapa sawit di dunia lebih sedikit dibandingkan dengan perkebunan penghasil minyak nabati lainnya, seperti perkebunan kedelai, bunga matahari, dan rapeseed. Saat ini diperkirakan jumlah perkebunan kelapa sawit di dunia hanya 24 juta hektar. Jumlah tersebut terdiri dari beberapa perkebunan kelapa sawit di negara berikut ini:

a. Indonesia

Hasil perkebunan kelapa sawit Indonesia menjadi yang terbanyak di dunia, luas perkebunan kelapa sawit di Indonesia mencapai 16,8 juta hektar. Di Indonesia sendiri perkebunan kelapa sawit tersebar di Provinsi Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah. 

b. Malaysia

Malaysia menjadi negara kedua di dunia dengan hasil dari kelapa sawit sebanyak 19,3 ton. Perkebunan kelapa sawit Malaysia dikabarkan lebih luas dibandingkan milik Indonesia sebanyak 5,35 juta hektar. Tidak heran beberapa perusahaan kelapa sawit dari Malaysia tertarik menggunakan 22% lahan kelapa sawit di Indonesia. 

c. Thailand

Sebagai salah satu negara produsen kelapa sawit, Thailand mampu menghasilkan 3 juta ton minyak kelapa sawit dengan rerata pertumbuhan 3,45%. Hasil yang banyak itu merupakan akumulasi dari perkebunan kelapa sawit seluas 810.000 hektar.

Itulah ringkasan tentang perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia baik itu milik negara maupun milik perusahaan multinasional. Hasil kelapa sawit tidak mungkin dinikmati oleh masyarakat tanpa melewati proses pengolahan oleh perusahaan-perusahaan terseut. Nantikan artikel tentang industri kelapa sawit hanya di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin