Diterbitkan 3 Jun 2024

Cari Tau Serangga dari Ordo Hemiptera dan Cara Pengendaliannya

Tips / Tutorial
Hemiptera

Bagi seorang petani, mengenali serangga adalah sebuah keharusan sebab terkadang serangga tersebut dapat merusak tanaman. Salah satu ordo serangga yang menjadi hama perusak tanaman adalah Hemiptera dengan karakteristik dan efek kerusakan yang berbeda-beda.

Diantara golongan serangga yang termasuk dalam ordo Hemiptera biasanya memiliki sayap depan yang mengalami modifikasi sebagai hemilitron. Untuk lebih mengenal lebih dekat mengenai serangga dari ordo Hemiptera lengkap dengan cara pengendaliannya, simak ulasan berikut.

Mengenal Ordo Hemiptera dan Jenisnya

Jika dikenal dari namanya, Hemiptera berasal dari kata hemi yang berarti “setengah” dan pteron artinya “sayap”. Oleh karena itu, sayap yang dimiliki Hemiptera ini sudah mengalami modifikasi dimana setengah bagian di daerah pangkalnya menebal. Sementara itu, sisa sayapnya berstruktur seperti selaput dan semakin ke belakang selaputnya menipis.

Sumber: iStock

Keberadaan hemiptera memang menjadi hama bagi tanaman karena baik saat nimfa maupun imago, hemiptera memiliki tipe alat mulut yang sama. Tipe alat mulut saat nimfa maupun imago tersebut akan menusuk dan mengisap tanaman. 

Selama daur hidup nimfa dan imago, hemiptera memiliki habitat yang sama sehingga dapat merusak tanaman dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikut beberapa jenis serangga yang termasuk dalam ordo Hemiptera.

1. Walang Sangit

Leptocorisa oratorius atau walang sangit memiliki bau yang sangat menyengat yang akan dikeluarkan ketika dalam bahaya sebagai bentuk pertahanan diri. Hama ini seringkali merusak tanaman padi dengan cara menghisap cairan tangkai bunga serta bulir padi pada fase pengisian bulir dan pemasakan bulir – Inilah Cara Efektif dalam Pengendalian Hama Walang Sangit.

Akibatnya, fase pengisian bulir tidak berlangsung sempurna sehingga menyebabkan bulir padi menjadi hampa. Tanaman padi yang terserang hama ini akan menghasilkan beras yang berkualitas buruk, beras yang dihasilkan akan mengapur dan berubah warna. 

2. Kepik

Secara spesifik, kepik dikenal dalam beberapa jenis yaitu kepik buah lada (Dasynus piperis), kepik hijau (Nezara viridula), dan kepik buah jeruk (Rynchocoris poseidon). Kepik akan merusak tanaman dengan cara menusukkan stilet (alat mulut serangga penghisap) dan menghisap cairan buah.

Hama ini juga mengambil cairan dari bagian tanaman lain seperti bunga, tangkai daun, dan pucuk muda tanaman lada. Sebelum mendapatkan hasil panen yang buruk, segera kenali beberapa gejala yang timbul seperti adanya bintik kekuningan pada buah. Apabila serangan berat dan dekat pangkal tandan bunga, maka tandan akan gugur.

Cara Mengendalikan Serangga dari Ordo Hemiptera

Secara teknis, keberadaan serangga dari ordo hemiptera dapat dibasmi dengan melakukan sanitasi lingkungan secara rutin. Jika diperlukan dapat pula mengaplikasikan insektisida nabati seperti sereh wangi dan parutan daun tembakau. Tapi jika ingin lebih terstruktur dan cepat dapat menggunakan insektisida berbahan aktif seperti karbonil, fipronil, atau fentoat.

Nah, dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ordo Hemiptera merupakan salah satu ordo serangga yang menjadi hama perusak tanaman yang harus diwaspadai. Untuk mengendalikan hama dari ordo ini, pastikan kamu menggunakan produk insektisida yang berkualitas. Kunjungi gerai GokoMart terdekat untuk mendapatkan berbagai produk pertanian dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin