Diterbitkan 13 Dec 2023

Combine Harvester: Mesin Panen Padi Masa Kini

Agri Edu

Penggunaan teknologi pada sektor pertanian terlihat dari modernisasi beberapa alat pertanian seperti alat panen padi. Sebelum adanya teknologi modern, petani biasanya memanen padi menggunakan sabit – Perkembangan Sistem Pertanian Indonesia dengan Teknologi Modern. Tentu saja cara ini memakan banyak waktu dan tenaga. Itulah mengapa sekarang panen padi menggunakan mesin Combine Harvester.

Berkenalan dengan Mesin Panen Padi Modern

Combine harvester merupakan salah satu tipe mesin panen yang dapat memotong, memegang, merontokkan, dan membersihkan padi dalam satu kali pengoperasian. Mesin ini dioperasikan oleh dua orang operator yang bertugas untuk mengendalikan mesin dan memegang karung saat memasukkan gabah ke dalam karung. 

Ada beberapa jenis combine harvester yang tersedia, seperti tipe whole feeding dan head feeding. Whole feeding bekerja dengan cara memasukkan semua hasil potongan padi ke dalam mesin perontokan. Selain padi, combine harvester tipe whole feeding dapat digunakan untuk memanen gandum.

Sementara itu, tipe head feeding bekerja dengan cara memanen bagian malainya saja. Bagian padi yang lain akan dijepit oleh bagian pembawa (conveying). 

Komponen Mesin Panen Padi Modern

Sumber: Agricultural Engineering Facebook Page

Memang combine harvester merupakan mesin yang sangat kompleks, karena memadukan seluruh proses panen dalam satu mesin. Untuk itu, mesin ini terdiri dari beberapa bagian tertentu yang memiliki cara kerja tersendiri, seperti:

Header Unit

Bagian ini terdiri dari pengarah (reel guide) dan pisau pemotong (cutter bar). Pengarah berfungsi unuk mengarahkan batang padi ke sistem pemotong (cutting) dan memegang batang padi supaya posisinya tetap tegak selama proses pemotongan berlangsung. 

Bagian lainnya yaitu cutter bar yang berfungsi sebagai pemotong batang padi. Cutter bar terdiri dari pisau yang dirancang khusus untuk menahan gaya pantulan yang ditimbulkan ketika proses pemotongan batang padi.

Conveyor unit

Bagian conveyor unit berfungsi membawa hasil pemotongan batang padi ke dalam mesin perontok (thresher unit).

Thresher unit

Bagian ini merupakan bagian yang paling kompleks dari seluruh komponen combine harvester. Pada thresher unit, butir gabah dan malai dipisahkan secara otomatis. Pemisahan ini bisa terjadi karena efek tumbuhkan antara malai padi dengan gigi perontok yang terdapat pada thresher. Saat dioperasikan, putaran drum thresher mencapai 600-800 rpm. Pengaturan kecepatan bertujuan meminimalisir kerusakan dan kehilangan butiran gabah saat proses perontokan dilakukan. Kecepatan yang tidak sesuai mengakibatkan kehilangan yang tinggi hingga mengakibatkan kualitas gabah menurun akibat banyak yang pecah maupun patah.

Cleaner and separator

Sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai pemisah dan pembersih butiran gabah dengan jerami setelah selesai dilakukan prontokan. Proses pemisahan bertujuan untuk memisahkan biji gabah masak dari biji gabah yang tidak masak. Setelah dipisahkan, barulah gabah dicuci dengan mesin cleaner

Mesin pembersih dilengkapi dengan blower yang menghembuskan angin yang kencang pada butiran gabah. Blower sebaiknya diatur dengan kecepatan 70-300 rpm pada kecepatan angin 4-8 m/s.

Selain komponen panen yang sudah disebutkan di atas, combine harvester juga terdiri dari bagian pokok lain seperti:

  • Grain output sebagai tempat keluarnya gabah bersih
  • Main frame sebagai kerangka utama mesin combine harvester sekaligus tempat terpasangnya seluruh komponen alat panen padi.
  • Transportation unit berfungsi untuk mengoperasikan combine harvester di lahan persawahan.
  • Driving panel sebagai tempat pengoperasian combine harvester dan pengendali kecepatan, belok, serta mengatur tinggi rendahnya komponen header unit.
  • Engine menjadi penggerak utama yang mengoperasikan seluruh komponen combine harvester dari header unit hingga conveyor unit.

Setelah mengetahui teknologi dalam mesin panen padi modern, ternyata kompleks juga, ya? Dibalik kompleksitasnya, yang terpenting adalah pekerjaan petani menjadi efektif dan efisien sehingga mempercepat proses panen. Nantikan artikel tentang pembaruan teknologi dalam sektor pertanian hanya di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin