Diterbitkan 15 Sep 2023

Daftar Harga dan Rekomendasi Pupuk Fosfat Cair Tahun 2023

News
rekomendasi pupuk fosfat cair

Tahukah kamu persediaan fosfat dalam tanah relatif rendah? Ya, memang kadar fosfat dalam tanah rendah disebabkan karena mudahnya unsur ini diserap oleh tanaman. Ditambah lagi fosfat merupakan unsur hara makro sehingga tanaman sangat membutuhkan fosfat untuk pertumbuhan generatifnya.

Ketersediaan fosfat dalam tanah dipengaruhi mikrobioma tanah, tekstur tanah, dan yang paling penting yaitu pH tanah. Ketersediaan fosfat banyak didapati pada tanah dengan pH 6-7 dan akan jarang ditemukan pada tanah asam dan basa. Sebelum memberikan pupuk fosfat, alangkah baiknya untuk Ketahui pH Tanah Sebelum Melakukan Pemupukan. Pupuk fosfat yang dapat digunakan yaitu pupuk fosfat padat dan pupuk fosfat cair.

Mengenal Pupuk Fosfat

sumber: https://asset.kompas.com/

Penggunaan unsur fosfat pada tanah tidak sebanyak kebutuhan unsur nitrogen salam tanah. Fosfat dalam tanah diserap dalam bentuk apatit kalsium fosfat, FePO, dan AIPO. Pupuk fosfat memilki warna abu-abu kecoklatan, sebagian jenisnya mampu larut dalam air, sedikit asam, menimbulkan reaksi fisiologis, dan minim efek racun pada tanaman. Pupuk fosfat dapat dibedakan menurut komposisi dan ketersediaan asam fosforiknya. Pembagian pupuk fosfat sebagai berikut:

a. Fosfat larut air

Fosfat jenis ini yaitu superfosfat (16-20% P), double atau triple superfosfat (36-48% P), monoamonium fosfat (11% nitrogen dan 53% fosfat), dan diamonium fosfat (21% nitrogen dan 48% fosfat)

b. Fosfat larut asam sitrat

Yang termasuk fosfat jenis ini yaitu kerak baja (14-18% P) dan dikalsium fosfat (39% P)

c. Fosfat alam

Fosfat alam tidak larut dalam air maupun asam sitrat, sehingga digunakan sebagai bahan pembuatan superfosfat dan fosfat terlarut lainnya. Bahan fosfat alam memilki kadar lebih dari 30%

Rekomendasi dan Harga Pupuk Fosfat Padat

Pupuk padat merupakan pupuk yang memilki bentuk fisik padat dengan tingkat kelarutan yang bervariasi. Biasanya pupuk padat didominasi oleh pupuk yang mengandung unsur hara makro. Sediaan bentuk pupuk padat berupa pupuk tablet, pupuk briket, pupuk granul, dan lainnya. Inilah rekomendasi pupuk fofat padat beserta harganya di pasaran:

a. Poshgro Pak Tani

Pupuk fosfat Poshgro Pak Tani terdiri dari 20% fosfat, 3% magnesium, 20% kalsium, 1% sulfur, 0,2% boron, dan 1,5% silika. Keunggulan pupuk ini yaitu:

  • Merangsang pertumbuhan dan perkembangan bagian tumbuhan terutama akar.
  • Meningkatkan produksi dan kualitas panen terutama untuk tanaman yang menghasilkan biji-bijian seperti padi.
  • Mengandung kalsium yang berfungsin untuk memperbaiki struktur dan menetralkan pH tanah.
  • Selain meningkatkan ketahanan tanaman, pupuk ini mampu meningkatkan ketahanan tanaman terhadap suhu rendah

Harga Pupuk Poshgro 50 kg : Rp 258.000

b. Pupuk Fertiphos Pak Tani

Fertiphos mengandung fosfat alami dengan tambahan unsur magnesium, kalsium, sulfur, silika, dan boron. Pupuk ini cocok digunakan untuk kelapa sawit TBM maupun TM. Fertiphos bisa digunakan secara tunggal maupun dicampurkan dengan pupuk NPK.

Harga Pupuk Fertiphos 50 kg : Rp 170.000

c. Pupuk TSP SP-36 Kebomas

Pupuk TSP SP-36 mengandung fosfat sebanyak 30%. Jenis pupuk ini tersedia dalam sediaan granular berwarna hitam ke abuan. Keunggulann pupuk TSP SP-36 adalah:

  • Membawa energi hasil metabolisme dalam tanaman
  • Merangsang pertumbuhan generatif
  • Memicu pertumbuhan akar
  • Mempercepat proses tumbuhnya biji tanaman

Harga TSP SP-36 Kebomas 50 kg : Rp 150.000

Rekomendasi dan Harga Pupuk Fosfat Cair

Pupuk cair merupakan pupuk yang memiliki bentuk fisik cair. Biasanya pupuk cair mengandung kombinasi unsur hara makro dan mikro. Berikut ini adalah rekomendasi beserta harga pupuk fosfat cair di pasaran:

1. Pupuk MGP

MGP merupakan pupuk yang mengandung unsur magnesium dan fosfat dalam dosis tinggi hingga 90%. Tanaman yang memerlukan pupuk MGP, terdapat bercak totol pada daun, daun kaku dan keras, pinggiran daun membalik ke atas, batang pendek, serta bunga yang tidak serempak.

Harga MGP Cair 500 ml : Rp 57.000

2. Pupuk Agrophos Fosfat Cair 46%

Agrophos menyediakan fosfat murni dalam bentuk ionik dan cepat terserap oleh tanaman yang membutuhkan unsur fosfat yang tinggi. Pupuk ini juga mampu memicu timbulnya fosfat alam seperti TSP dan SP 36 menjadi pupuk siap pakai tanaman. Selain itu, daya serap TSP dan SP 36 menggunakan Pupuk Agrophos meningkat hingga mencapai 80-90%. Keunggulan Pupuk Agrophos yaitu:

  • Dapat dipakai dosis rendah
  • Pupuk siap pakai untuk tanaman
  • Meningkatkan laju pertumbuhan dan kualitas tanaman

Harga Agrophos Posphat Cair 500 ml : Rp 70.000

3. Bumikita Focus P

Pupuk fosfat cair ini mengandung fosfat magnesium dengan ferrum instant high concentrate yang baik digunakan saat tanaman memasuki fase pertumbuhan awal dan pembentukan bunga. Pupuk Bumikita Focus P memilki keunggulan yaitu:

  • Tersedia dalam bentuk ortofosfat instan sehingga mudah bereaksi dengan zat organik pada tanaman
  • Formulasi dari bahan teknikal dengan tingkat kemurnian tinggi
  • Rendah kristal dan tidak menimbulkan residu kristal.

Harga Bumikita Focus P 500 ml : Rp 44.000
Beberapa rekomendasi pupuk fosfat cair dan padat sudah terangkum pada artikel ini. Harga pupuk fosfat yang tercantum adalah harga umum yang mungkin bisa berbeda di beberapa wilayah. Nah, pupuk fosfat dapat dibeli melalui Mitra Gokomodo yang tersebar di Indonesia. Ingin edukasi lengkap mengenai agrikultur lainnya? Jangan lupa baca artikel di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin