Diterbitkan 10 Oct 2024

Fungsi Pupuk Urea Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan! Simak Selengkapnya!

Agri Edu
Fungsi Pupuk Urea

Pupuk merupakan salah satu bahan yang sangat penting karena berfungsi untuk membantu pertumbuhan tanaman sekaligus meningkatkan ketahanan. Meski alam menyediakan unsur hara yang melimpah, terkadang tidak langsung tersedia bagi tanaman sehingga perlu memberikan pupuk sebagai sumber hara tambahan.

Salah satu pupuk yang esensial adalah pupuk urea karena mengandung unsur nitrogen tinggi yang dibutuhkan tanaman. Unsur hara tersebut dibutuhkan tanaman dalam proses fotosintesis dengan teknik aplikasi yang sangat mudah. Selain itu masih banyak fungsi pupuk urea lainnya yang dapat disimak dalam ulasan berikut ini.

5 Fungsi Pupuk Urea bagi Tanaman

Mempercepat Pertumbuhan Tanaman 

Setiap tanaman memiliki waktu yang berbeda-beda untuk pertumbuhannya, bahkan pada jenis yang sama dan ditanam pada waktu yang bersamaan. Kondisi ini cukup berisiko karena mempengaruhi masa panen yang seharusnya dilakukan secara serempak, bahkan ada pula tanaman yang kerdil. Tapi jangan khawatir, untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mengaplikasikan pupuk urea agar tanaman tumbuh lebih cepat dan seragam.

Membantu Tanaman Lebih Segar

Pupuk urea pada umumnya mengandung 46% unsur Nitrogen yang sangat penting bagi tanaman. Unsur hara makro ini berperan dalam pembentukan klorofil, zat hijau daun yang digunakan tanaman selama proses fotosintesis. Tak heran jika kekurangan nitrogen dapat membuat daun menguning sehingga disarankan untuk memberikan pupuk urea agar tanaman menjadi lebih segar.

Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Panen

Pupuk urea memang menjadi salah satu pupuk andalan petani karena hasilnya yang sangat nyata. Kandungan esensial dari pupuk urea sangat lengkap yakni terdiri dari Nitrogen, Phospat, dan Kalium. Pemberian pupuk urea yang dapat membuat tanaman tumbuh dengan segar dan sesuai pada usianya membuat pupuk ini dapat meningkatkan hasil panen. Misalnya pada tanaman padi dapat membuatnya memiliki banyak cabang dan anakan. 

Membantu Proses Pembentukan Protein 

Berbagai unsur pada pupuk urea memiliki proses penyerapan dan adaptasi dengan baik ketika diaplikasikan pada berbagai kondisi tanah. Tingginya kandungan nitrogen pada pupuk urea merupakan komponen asam amino yang penting bagi tanaman. Protein yang tersusun atas komponen asam amino tersebut akan meningkatkan pertumbuhan sel, metabolisme, dan fungsi lainnya.

Pupuk yang Multifungsi 

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari pupuk urea adalah dari segi modal usaha karena pupuk urea sangat multifungsi. Jenis pupuk ini dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tanaman. 

Bahkan tidak hanya untuk tanaman, pupuk urea juga dapat digunakan sebagai campuran pakan ternak seperti pada pakan ternak sapi. Apalagi pupuk urea juga memiliki banyak jenis yang dapat dipilih, seperti urea prill, non prill, bal fertilizer, briket, super granul, dan lainnya.

Itulah 5 fungsi pupuk urea yang perlu kamu tahu sebelum memulai budidaya tanaman. Dapatkan informasi penting lain seputar pupuk urea, seperti Pupuk Urea: Karakteristik, Manfaat, dan Cara Aplikasinya di website Gokomodo dan produk pupuk urea berkualitas di GokoMart. Kunjungi sekarang juga, yuk!  

whatsapp
twitter
facebook
linkedin