Diterbitkan 30 Nov 2023

Inilah Manfaat Buah Semangka dan Cara Memilih yang Tepat!

Lifestyle
Buah semangka

Buah semangka (citrullus lanatus) merupakan buah yang berasal dari negara di bagian selatan Benua Afrika dan menyebar luas ke wilayah tropis dan sub tropis lainnya. Semangka termasuk dalam suku mentimun, sehingga pertumbuhannya merambat mencapai puluhan meter. Kulit semangka memilki warna hijau muda atau pekat dengan garis hijau tua. Daging buahnya memilki rasa manis, berair, berbiji ataupun tanpa biji, serta daging buah yang berwarna merah dan kuning.

Mengapa Memilih Buah Semangka?

Semangka dipilih karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram semangka mengandung:

  • Energi 30 kkal (15% AKG)
  • Karbohidrat 7,6 gram (6% AKG)
  • Protein 0.6 gram (1% AKG)
  • Lemak total 0,15 gram (0,5% AKG)
  • Serat 0,4 gram (1%)

Selain makro nutrisi, semangka juga mengandung mikro nutrisi seperti folat, niasin, pridoksin, thiamin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta berbagai mineral. Smangka cocok dikonsumsi sebagai pelengkap cairan tubuh karena mengandung elektrolit yang terdiri dari sodium dan kalium.

Sumber: Pexels

Selain itu, buah semangka dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, diantaranya:

  • Asam amino citrulline bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.
  • Kandungan lycopene dalam semangka diyakini dapat mengatasi peradangan dan kanker yang ada di dalam tubuh. Menariknya lagi, lycopene merupakan anti radang terbaik dibandingkan zat lainnya. Ditambah lagi lycopene mampu meningkatkan kesehatan mata dan mengobati degeneratif maula. 
  • Kandungan air dalam semangka selain menjadi sumber elektrolit juga menjadi sumber hidrasi terbaik dan membantu melancarkan sistem pencernaan.
  • Kombinasi zat elektrolit dan asam amino citrulline ternyata membantu meringankan otot yang kaku. 
  • Mineral yang terkandung di dalam semangka mampu mengurangi morning sickness pada ibu hamil. Selain itu, mineral pada semangka membantu mencegah kram otot pada saat kehamilan memasuki trimester akhir.
  • Buah semangka mengandung vitamin E dan vitamin C yang berperan dalam sintesis kolagen. Kolagen berperan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambu.
  • Asam amino citrulline juga membantu mengobati disfungsi ereksi pada laki-laki.
  • Meskipun 90% buahnya mengandung air, semangka bisa menjadi sumber energi karnena mengandung vitamiin B. 

Cara Memilih Buah Semangka

Banyak jenis semangka yang tersedia di toko, mulai dari yang mentah hingga yang matang. Biasanya untuk mengetahui kualitas buah, pembeli diperkenankan untuk mencoba beberapa biji buah sebelum membeli. Tentu saja hal ini tidak berlaku pada semangka. Agar mendapatkan semangka yang berkualitas baik, perhatikan:

a. Bentuk buah semangka

Idealnya semangka berbentuk bulat sempurna, bukan oval maupun lonjong. Ternyata, semangka yang bulat sempurna memilki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan bentuk yang lainnya. Jika ingin semangka yang lebih berair, kamu bisa memilih semangka yang lonjong.

b. Ketuk buahnya

Sama halnya dengan memilih durian, semangka yang memilki kulit tebal harus diketuk terlebih dahulu untuk memperkirakan kualitas daging buahnya – Berbagi Tips Memilih Durian Matang dan Aturan Konsumsinya. Semangka yang matang akan menghasilkna bunyi lebih berat dibandingkan buah yang belum matang.

c. Timbang

Semangka yang manis memilki buah yang sangat padat. Oleh karena itu, buah semangka yang manis dan matang pasti lebih berat. 

d. Bercak

Bercak (ground spot) yang ditemui dibalik semangka ternyata bisa menunjukkan rasa dan kematangan semangka. Sebaiknya pilih semangka dengan bercak berwarna kuning dan hindari bercak berwarna putih.

e. Garis dan Warna

Sumber: Pexels

Garis pada kulit semangka menjadi petunjuk tingkat kemanisan buahnya. Semakin gelap dan tajam garisnya, maka semangka berasa manis. Pada kulitnya, semangka memilki warna coklat yang berbentuk menyerupai jaring laba-laba. Jaring-jarin inilah yang menandakan bahwa buah semangka sudah matang dan manis.

Setelah mengetahui gambaran tentang buah semangka, ternyata buah semangka cocok untuk dikonsumsi di musim kemarau seperti sekarang ini. Mulai hidup sehat dengan makan buah serta sayur dan jangan lupa temukan artikel tentang sayur dan buah hanya di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.