Diterbitkan 17 Jul 2024

Intip Manfaat Lidah Mertua Yang Pasti Bikin Kamu Penasaran!

Lifestyle
Manfaat Lidah Mertua

Lidah mertua (Sansevieria trifasciata) merupakan tanaman hias yang banyak ditemui di sudut rumah orang Indonesia yang berasal dari Afrika Barat. Lidah mertua juga tidak sulit dibudidayakan karena dapat hidup dengan sedikit air dan cahaya matahari. Bentuknya yang unik dengan daun dua warna yang keras dan runcing membuat lidah mertua banyak digunakan sebagai tanaman hias. Tak hanya menawarkan keindahan pada rumah saja, lidah mertua memiliki banyak manfaat lain, terutama bagi tubuh, yang kamu sendiri belum tentu menyadarinya. Apa saja manfaat lidah mertua, ya?

Sumber: Southern Living

Penjernih Udara Alami

Beberapa waktu yang lalu Indonesia digemparkan dengan polusi udara yang melebihi indeks kualitas udara (Air Quality Index) sehingga beberapa tenaga kesehatan menganjurkan untuk  menggunakan air purifier sebagai alat penjernih udara di dalam ruangan. Bagi sebagian orang air purifier memang tidak ramah di kantong. Sebagai gantinya bisa menggunakan lidah mertua sebagai penjernih udara di rumah. Kok bisa?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA, lidah mertua memiliki kemampuan menyerap polutan, seperti formaldehida, benzena, dan trikloretilen. Polutan tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain menyerap polutan, lidah mertua juga dapat menghasilkan oksigen pada malam hari. Oksigen dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kelelahan.

Campuran Sampah Organik

Tahu kan sampah organik berupa sisa makanan, sisa tanaman bisa bermanfaat lagi untuk tanah? Nah, dengan budidaya lidah mertua di rumah, kamu tidak perlu bingung lagi mencari bahan untuk dicampurkan sebagai bahan pupuk organik – Pupuk tanaman Hias Gak Pake Mahal. Kamu Bisa Pakai Bahan dari Dapur Berikut Ini!

Tak hanya pupuk organik, lidah mertua juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat biogas. Biogas terbentuk dari fermentasi lidah mertua yang dicampur dengan sampah organik lainnya selama beberapa minggu. Pupuk organik dan biogas sama-sama memberikan nutrisi tanaman yang ramah lingkungan.

Mengurangi Reaksi Alergi

Kemampuan lidah mertua dalam menyaring udara ternyata bermanfaat bagi penderita alergi. Alergen yang ada di udara dapat diserap oleh lidah mertua dan sebagai gantinya lidah mertua melepaskan etanol. Menurut Journal of Ethnopharmacology tahun 2012, etanol yang dihasilkan lidah mertua bersifat anti-alergen dan anti-anafilaksis yang berguna untuk meminimalisir reaksi alergi. Inilah alasan mengapa lidah mertua banyak dibudidayakan oleh orang yang memiliki alergi.

Melembapkan Udara

Sumber: La Residence

Kelembapan udara di dalam rumah menjadi penenetu kesehatan penghuninya. Rumah yang memiliki kelembapam ideal dapat mencegah sakit tenggorokan, kulit kering, bibir pecah-pecah, iritasi mata, hingga radang tenggorokan. Biasanya untuk melembapkan udara, kamu memerlukan alat humidifier. Tentu saja ada alternatif yang ramah lingkungan dengan menggunakan lidah mertua sebagai humidifier alami. Lidah mertua sebagai humidifier alami tidak terlepas dari kemampuannya untuk menyaring polutan dan menghasilkan O2 dalam jumlah yang banyak.

Menyerap Radiasi dari Barang Elektronik

Laptop, smartphone, televisi, dan barang elektronik lainnya memancarkan radiasi eletromagnetik tingkat rendah yang mempengaruhi kinerja organ tubuh. Salah satu gangguan yang mungkin dialami setelah terkena paparan radiasi elektromagnetik berupa pola tidur yang terganggu hingga menyebabkan penyakit yang serius. Cara mengurangi radiasi elektromagnetik cukup dengan meletakkan lidah mertua di dekat barang elektronik.

Sudah tahu kan kalau lidah mertua tidak sekadar tanaman hias yang cantik? Ternyata manfaatnya, terutama untuk kesehatan juga tak kalah banyak. Sebenarnya masih banyak tanaman hias lainnya yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja? Coba deh cari jawabannya di blog Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin